Strategi Astra Otoparts Tingkatkan Pendapatan


DAPURPACU – PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) telah melakukan kerja sama lewat skema joint venture atau usaha patungan dengan Pirelli Tyre.

Dalam laporan keuangan 2018 disebutkan, kontribusi kerja sama ini akan dibayar melalui imbalan kas sebesar US$6,8 juta dan konversi terhadap peminjam pemegang saham sebesar US$9,6 juta. Kerja sama ini juga mengakibatkan penurunan kepemilikan saham AUTO di PT Evoluzione Tyres anak usaha yang membawahi kerja sama ini dari 40% menjadi 37%.

Usaha patungan ini sebenarnya telah dibentuk sejak Juni 2012. Saat itu, AUTO membentuk usaha patungan bersama Pirelli Tyres SpA, memproduksi ban yang akan dipasarkan di dalam negeri dan luar negeri, anak usaha tersebut diberi nama PT Evoluzione Tyres.

Pirelli menjadi pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan 60%, sedangkan Astra Otoparts 40%. Nilai total investasi untuk pengembangan anak usaha ini mencapai US$ 120 juta.

Baca juga:  Pirelli Diablo Rosso Sport Untuk Underbone dan Sportbike 400 cc

Sedangkan senior Analyst Research Division Anugerah Sekuritas Indonesia, Bertoni Rio, mengatakan joint venture berpotensi mendorong pendapatan AUTO akan lebih baik dari sebelumnya.

“Ekspansi tersebut berpeluang mendorong kinerjanya ke depan seiring meningkatnya volume kendaraan ditambah produksi ban. Dan hal ini bisa menaikkan target harga sahamnya,” katanya dalam risetnya.

Bertoni merekomendasikan untuk beli saham AUTO. “Beli di waktu koreksi pada level Rp1.550 per saham dan target harganya di level Rp1.900 per saham,” ujar Bertoni. [dp/PNB]