Stasiun Pengisian Listrik di Negara ini Lebih Banyak Ketimbang SPBU


DAPURPACU – Sementara Indonesia masih dipusingkan dengan berbagai aturan dari persiapan mobilitas kendaraan listrik ke depannya, di negara ini justru memberikan akses kemudahan bagi pemilik mobil listrik.

Di Inggris, stasiun pengisian (charging station) untuk kendaraan listrik begitu melimpah, bahkan melebihi stasiun pengisian bahan bakar konvensional atau lebih dikenal dengan SPBU bila di Tanah Air.

Diperbanyaknya fasilitas tersebut dikarenakan tingkat pertumbuhan mobil listrik di negara itu sangat pesat, meski belum signifikan, yakni sekitar 1,4% menguasai pangsa pasar, seperti dilansir dari carscoops.

Bahkan sepanjang Juli lalu, penjualan mobil bermesin listrik melonjak signifikan sebesar 158,1%. Angka ini diprediksi terus meningkat seiring diberlakukannya aturan Ultra-Low Emission Zone sejak April oleh pemerintahan Inggris.

Berdasarkan data, terdapat 9.300 lokasi charging station yang dapat digunakan para pemilik kendaraan listrik di Inggris. Dari jumlah itu, lebih dari 1.600 outlet menyediakan fasilitas fast charging, yang mampu mengisi daya dari 0 hingga 80% hanya dalam waktu kurang dari 1 jam.

Baca juga:  Honda e Resmi Dijual Mulai Musim Panas 2020

Banyaknya jumlah charging station di Inggris membuat masyarakat menjadi lebih mudah untuk menerima kehadiran mobil listrik.

“Kami berhasil menghilangkan kekhawatiran terkait jarak tempuh dari mobil listrik yang menjadi perhatian masyarakat untuk aktivitas hariannya,” kata Kalyana Sivagnanam, Managing Director Nissan Inggris.

“Tantangan berikutnya adalah infrastruktur pengisian daya guna memastikan kendaran listrik dapat terus digunakan, dan pada akhirnya dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan saat pengisian serta tidak perlu repot,” pungkasnya.

Sementara stasiun pengisian meningkat secara signifikan, di mana hanya tersedia sekitar ratusan stasiun saja pada 2011, jumlah stasiun pengisian bensin sudah beekurang hingga 80% sejak 1970.

Dan hingga kini jumlah ‘SPBU’ di Inggris hanya tersisa 8.400 outlet saja. Sebagai informasi, SPBU pertama di Inggris dibangun pada November 1919 yang terletak di Aldermaston, Berkshire. [dp/MTH]