Rins Perpanjang Puasa Gelar Marquez di Silverstone

foto: MotoGP

DAPURPACU – Paddock Suzuki langsung bergemuruh begitu Alex Rins menyentuh garis finis Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (25/8). Perjuangan The Bakery untuk terus menguntit Marc Marquez sejak pertengahan balapan akhirnya membuahkan hasil.

Unggul 0,013 detik, Rins berhasil menorehkan nama baru daftar pemenang di sirkuit yang terkenal dengan kendala air hujan tersebut, setelah sebelumnya Andrea Dovizioso (2017), Maverick Vinales (2016), Valentino Rossi (2015) dan Marquez (2014).

Menyusul di belakangnya Vinales yang terpaut 0,620 detik dan Rossi di posisi keempat, terpaut jauh dari kompatriotnya hingga 11,439 detik. Kemudian Franco Morbidelli, Cal Crutchlow, Danilo Petrucci, Jack Miller, Pol Espargaro, dan Andrea Iannone.

Marquez berhasil menjalani laga start hingga tikungan pertama dengan mulus, yang diikuti Rossi, Rins, Fabio Quartararo, Vinales, Dovi, dan Morbidelli. Tragedi mengenaskan pun terjadi buat dua rival terkuat Marquez, Quartararo dan Dovi.

Baca juga:  Kesabaran Berbuah Kemenangan Bagi Marquez
foto: MotoGP

Seperti kehilangan grip pada ban depan, Quartararo mengalami slip dan terjatuh. Naasnya, Dovi yang berada tepat di belakangnya tak mampu menghindar. Akhirnya tunggangan Dovi harus menabrak dengan keras bagian bawah motor Quartararo.

Dovi pun terpelanting dan langsung mendapat perawatan intensif, sementara motornya langusng terbakar. Quartararo harus tertatih-tatih meninggalkan trek.

Setelah itu, 10 pebalap yang mengisi barisan terdepan dihuni oleh Márquez, Rossi, Rins, Viñales, Morbidelli, Crutchlow, Miller, Nakagami, Pol and Aleix Espargaró.

Anggapan publik untuk bisa melihat kembali pertarungan antara Marquez dengan Rossi ternyata hanya isapan jempol belaka. Usai melewati lap kedua, posisinya langsung direbut oleh Rins.

foto: MotoGP

Tiga lap berlalu, gap antara Rossi dengan Marquez terus menjauh hingga menyentuh 1,5 detik! Bahkan, posisinya pun kini semakin dekat dengan Vinales. Tak kalah seru adalah pertarungan Morbidelli dengan Crutchlow yang tengan membidik posisi kelima.

Baca juga:  Pencapaian Vinales di Tengah Drama Rossi dan Marquez

Kembali ke posisi terdepan, strategi slip stream sepertinya tengah dimainkan Rins. Terus menguntit sang juara dunia dan sempat sekali menyusul, memang mendatangkan keuntungan bagi Rins.

Rins berhasil menyusul Marquez pada lap 9, namun dengan mudahnya The Baby Alien meraihnya kembali. Sejatinya, gap Rins sempat terpaut 0,3 detik, bahkan makin menjauh (0,5 detik) jelang enam lap berakhir.

Rins cukup lihai membaca gerak racing line dari Marquez saat di tikungan. Di sinilah ia mencoba kembali untuk mengambil alih kepemimpinan balapan, namun dengan mudahnya dicuri lagi oleh Marquez.

foto: MotoGP

Aksi saling menyalip tersebut dimanfaatkan oleh Vinales untuk mendekati duo di posisi terdepan, meski gap waktu yang dihasilkan tidaklah signifikan, 1,2 detik!

Akhirnya yang ditunggu-tunggu pun datang. Memanfaatkan kecerobohan Marquez yang tidak langsung memuntir gas dalam-dalam dan tidak dalam racing line yang apik, Rins mampu mengambil momentum tersebut.

Baca juga:  Raih Kemenangan di Aragon, Gelar Juara Makin Mendekati Marquez

Tikungan terakhir ke kanan jelang finis, Rins berhasil merangsek dari sisi dalam dan berhasil melewati Marquez yang hanya terpaut waktu 0,013 detik. Dengan hasil ini, Marquez harus puas finis kedua.

Kekalahan ini sekaligus memperpanjang puasa kemenangannya di Silverstone, setelah tiga musim sebelumnya harus dikuasai pebalap lain. Meski begitu, posisi Marquez tetap kokoh di urutan teratas klasemen sementara dengan 250 poin.

Disusul oleh Dovi dengan 172 poin dan ketiga Rins yang berhasil menambah poin menjadi 149. [dp/MTH]