Puluhan Bikers Ramaikan Desaru Bike Week


DAPURPACU – Pekan ini, para bikers yang tergabung dalam beberapa klub motor besar di Indonesia bakal menyambangi gelaran gathering ‘Desaru Bike Week 2019’, yang bakal berlangsung di Kota Tinggi, Johor, Malaysia, 13-19 September.

Nantinya, para bikers Indonesia akan bergabung dan berkumpul dengan pemilik motor besar dari berbagai merek di perhelatan yang baru kali pertama diadakan tersebut. Kegiatan ini sendiri masuk dalam agenda tahunan dari Harley Davidson Club Indonesia (HDCI).

Dijadwalkan sebanyak 85 bikers asal Tanah Air yang bakal berkunjung ke sana, yang merupakan hasil inisiasi dari HDCI yang didukung oleh Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) dalam wadah besar Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Ketua Umum HDCI, Nanan Soekarna mengatakan bahwa kegiatan ini mengusung misi besar yakni mengenalkan pariwisata dan kekayaan Indonesia pada negara tetangga.

Total peserta, lanjut Nanan, 60 bikers berasal dari HDCI dan 25 orang dari member IMBI. Kehadiran HDCI di Indonesian Bikers menuju Desaru Bike Week 2019, sekaligus sebagai ajang silahturami antara bikers di luar negeri.

Baca juga:  IMI Ajak Pemilik Moge 'Siarkan' Potensi Wisata Tanah Air

“Promosi wisata di Indonesia. Itu misi utamanya, agar mereka mau berkunjung ke Indonesia untuk mengikuti serangkaian kegiatan bikers yang digelar di Tanah Air ke depannya,” ujar Nanan kepada media di Sekretariat HDCI di kawasan SCBD, akhir pekan lalu.

Nanan pun menyebutkan dalam turing tersebut pihaknya telah menggandeng Kementerian Pariwisata dan Kementerian Luar Negeri dalam rangka mempromosikan Indonesia ke mata dunia.

Nanan menambahkan, nanti ada 30 anggota yang melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur, setelah itu ke Thailand dan mengakhiri perjalanannya di Laos.

“30 anggota bakal menggunakan motor pribadi yang didatangkan langsung dari Indonesia menggunakan paspor khusus kendaraan roda dua,” katanya.

Di sisi lain, Ferdo Raturandang, Humas & Media Pusat HDCI, menuturkan bahwa kedatangan para bikers Indonesia ke sana merupakan undangan dari Kesultanan Johor untuk berpartisipasi dalam sebuah acara komunitas bermotor di sana.

Baca juga:  IMI Ajak Pemilik Moge 'Siarkan' Potensi Wisata Tanah Air

“Dengan membawa nama bangsa Indonesia ke dunia internasional sekaligus untuk menarik mereka melakukan kunjungan balasan ke Indonesia,” tambah Ferdo di tempat yang sama.

Selain itu, dalam rangka menjalankan misinya memperkenalkan kekayaan Indonesia, mereka akan menggelar lapak yang diwakili oleh Unit Usaha Kecil dan Menengah (UKM) asal Tanah Air. Dengan ini diharapkan akan lebih banyak biker asal luar negeri yang ingin bertandang ke Indonesia.

“Saat kami tiba di KBRI dan KJRI, perwakilan UKM bisa melakukan pameran di sana. Para pedagang UKM bisa sekaligus pameran di sana,” ujar Ipung.

Dia berharap ke depannya akan lebih banyak rider mancanegara yang akan datang, sebagai bagian dari mempromosikan Indonesia ke mata dunia, dan bisa jadi tambahan devisa negara. [dp/MTH]