Agustus 2019, Skutik Honda Makin Merajai Pasar Ekspor

Honda Vario series masih menjadi penyumbang terbesar ekspor Honda.

DAPURPACU – Data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) menunjukkan ekspor sepeda motor secara nasional dalam kondisi utuh atau Completely Built Up (CBU) yang membukukan angka sebanyak 81.497 unit sepanjang Agustus lalu.

Dari jumlah tersebut, lini produk Honda berkontribusi sebesar 37% atau sebanyak 30.342 unit. Penyumbang terbesar ekspor motor Honda masih dihasilkan dari segmen skutik sebanyak 28.893 unit, diikuti segmen sport sebanyak 1.329 unit, dan segmen motor bebek 120 unit.

Adapun dari sisi tipe, kontribusi ekspor terbanyak berasal dari Vario series sebanyak 15.792 unit. Pada bulan yang sama, AHM pun melakukan ekspor motor dalam bentuk terurai (completely knock-down/CKD) sebanyak 33.080 set.

Ekspor Honda CRF150L mengalami peningkatan hingga 71% selama Agustus 2019 dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Paling signifikan, CRF150L mencatatkan peningkatan ekspor selama bulan tersebut dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tercatat sepanjang Agustus membukukan 1.160 unit, atau naik 71% dibandingkan bulan yang sama tahun lalu (680 unit).

General Manager Overseas Business Division AHM, Kurniawati Slamet mengatakan pihaknya berkomitmen meningkatkan volume ekspor setiap bulannya. Hal ini sejalan dengan tingginya minat konsumen di luar negeri.

“Kami senantiasa berupaya untuk menghasilkan produk yang memiliki kualitas terbaik berstandar global. Kami optimis hingga akhir tahun ekspor unit dan komponen sepeda motor Honda akan meningkat,” ujar Kurniawati.

Hingga Agustus 2019, AHM telah mengirimkan 180.422 unit dalam bentuk CBU yang didistribusikan ke beberapa negara seperti Filipina dan Bangladesh. Sedangkan untuk CKD berjumlah 189.500 set dengan negara tujuan Jepang, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Kamboja. [dp/MTH]