Vinales: Bukan yang Tercepat, Fokus Saya Mencari Setingan Terbaik


DAPURPACU – Aksi brilian kembali ditunjukkan para rider Yamaha pada sesi latihan bebas kedua (FP2) pada seri MotoGP Aragon, Spanyol, Jumat (20/9) lalu. Maverick Vinales, Valentino Rossi dan Fabio Quartararo, mampu menduduki posisi tiga besar, sementara juara bertahan Marc Marquez mengisi slot keempat dan disusul Pol Espargaro.

Posisi ini seperti mengingatkan pada seri ke-13 MotoGP yang berlangsung pekan lalu di Misano. Vinales kembali menggapai hasil tercepat 1 menit 48,014 detik, mengungguli kompatriotnya dengan gap tipis 0,057 detik.

Namun, pencapaian waktu terbaik Top Gun sejatinya bukan menjadi tujuan utamanya, melainkan mencari setingan terbaik untuk beberapa komponen baru yang dipasangkan pada YZR-M1 miliknya. Torehan waktu yang digapai pada FP2 pun masih lebih lambat 1 detik dibandingkan Marquez di FP1 yakni 1 menit 46,896 detik.

Seperti diketahui, Agustus lalu, kedua rider Monster Yamaha ini telah menguji tiga komponen baru di Sirkuit Misano. Hasilnya, Rossi mengaku cukup senang dengan adanya penggantian itu. Sementara Vinales mengklaim belum cukup puas. Toh, tanpa menggunakan perangkat itu, dirinya mampu mengisi podium terakhir di Misano.

Baca juga:  Jorge Lorenzo Pensiun dari MotoGP, Apa Komentar Marquez dan Rossi?

Dan di seri MotoGP Aragon ini, giliran Vinales yang menguji perangkat knalpot ganda khas tunggangan Suzuki, swingarm berbahan serat karbon dan penutup rem cakram pada roda depan.

Dari ketiga komponen tersebut, pada sektor knalpot lah yang menurut Vinales mampu mendongkrak performanya hingga mampu meraih waktu terbaik di FP2 kemarin.

Tiga komponen baru terus dicari setingan terbaiknya pada tunggangan (YZR-M1) Vinales. Foto: MotoGP

“Sejauh ini (komponen baru) berjalan baik. Kami sedang mencoba bagian-bagian baru saat ini dan berfungsi dengan baik di motor,” tegas Vinales.

“Saya tidak benar-benar berkonsentrasi pada ritme saya atau mengatur putaran cepat, karena kita perlu banyak bekerja pada motor dan berusaha memahami ke arah mana komponen itu bekerja.”

“Kami berusaha keras dan sangat senang dengan putaran kali karena semuanya berjalan dengan lancar. Kami harus terus bekerja, terus mengeksplorasi item yang baru dan melihat apakah kami bisa mendapatkan keuntungan dengan knalpot baru,” tambahnya.

Baca juga:  Jorge Lorenzo Pensiun dari MotoGP, Apa Komentar Marquez dan Rossi?

Dengan hujan yang diperkirakan akan tiba di sirkuit sepanjang sisa balapan MotoGP akhir pekan, Vinales tetap yakin memiliki kecepatan di kondisi trek yang basah dibanding pada sesi latihan kemarin.

“Kami sudah makin membaik dalam kondisi hujan, jadi saya tidak benar-benar harus khawatir pada kondisi trek yang basah,” katanya. Meski begitu, Vinales mengakui bila dalam kondisi itu dirinya agak susah untuk menyusup di 5 besar.

“(Masuk 5 besar) itu sangat penting, tetapi tujuan utama kita adalah mendapatkan di baris pertama besok, memiliki awal yang baik pada hari Minggu, dan mencoba untuk merangsek ke depan.”.

“Ini adalah trek di mana saya selalu cepat, jadi saya sangat senang berada di tempat pertama,” pungkas Vinales. [dp/MTH]