MotoGP Aragon Maju Satu Jam, Marquez Pole Position


DAPURPACU – Balapan MotoGP Aragon, Spanyol yang akan berlangsung pada Minggu (22/9) dipercepat satu jam karena ‘tabrakan’ dengan jadwal Formula 1 di Singapura. MotoGP Aragon akan dimulai pada pukul 13.00 atau pukul 18.00 WIB dengan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez berada di barisan paling depan (pole position).

Dikutip dari Motorsport, jika balapan MotoGP dimulai pada pukul 14.00 seperti balapan-balapan sebelumnya akan bentrok dengan jadwal Formula 1 yang berangsung di Singapura. Setelah MotoGP, pada pukul 14.30 akan dilanjutkan dengan balapan Moto2. Sedangkan Moto3 tidak berubah dan tetap akan berlangsung pada pukul 11.20.

Pada sesi kualifikasi yang berlangsung Sabtu (21/9), Marc Marquez berhasil mengalahkan Fabio Quartararo yang berada di posisi kedua, disusul pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales di posisi ketiga. Rekan setim Vinales, Valentino Rossi akan memulai balapan dari posisi ke-6. Musuh ‘bebuyutan’ Marquez, jagoan Ducati, Andrea Dovizioso start dari posisi kesepuluh.

Marquez yang meraih pole position yang kesembilan kalinya sepanjang balapan tahun ini, membukukan catatan waktu tercepat dengan torehan 1 menit 47,009 detik. Pebalap Repsol Honda ini sempat gagal mencatatkan waktu di latihan bebas ketiga (FP3) MotoGP Aragon 2019 karena masalah teknis.

Sementara Quartararo menyodok di posisi kedua pada akhir-akhir kualifikasi kedua dengan catatan waktu tercepatnya yakni 1 menit 47,336 detik. Di peringkat ketiga ditempati Maverick Vinales dengan selisih waktu 0,463 detik dari Marquez.

Valentino Rossi akan start dari urutan keenam, diikuti Cal Crutchlow posisi ketujuh. Start di urutan berikutnya Franco Morbidelli, Joan Mir, dan Andrea Dovizioso. [Dp/GTM]