Peduli Keselamatan, Toyota Pasang Cermin Cembung di Area Danau Toba | dapurpacu.id

Peduli Keselamatan, Toyota Pasang Cermin Cembung di Area Danau Toba


DAPURPACU – Tak melulu soal jualan, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga terus memperkuat dan memperluas cakupan kegiatan corporate social responsibility (CSR) hingga ke pelosok. Kali ini kegiatan CSR Toyota menyasar pada keselamatan berkendara.

Terkini adalah pemasangan cermin cembung untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas di area Danau Toba, Sumatera Utara. Secara simbolis pemasangan tiang cermin dilaksanakan di Jalan Siborong Borong Parapat.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Toyota-Astra Motor, Pemerintah Daerah, Dinas Perhubungan Daerah, serta dihadiri oleh komunitas pemilik kendaraan Kijang Innova, Avanza, dan Yaris.

Adanya cermin cembung ini diyakini mampu mengurangi tingkat kecelakaan di daerah tersebut, mengingat masih tingginya angka kecelakaan yang terjadi. Dinas Perhubungan Daerah Sumatera Utara mencatat sepanjang 2018, lebih dari 1.916 orang tewas akibat kecelakaan di wilayah itu.

Salah satu faktornya dikarenakan kurangnya infrastruktur penunjang keselamatan berlalu lintas, seperti pemasangan cermin cembung di jalan raya. Atas dasar inilah, Toyota melakukan aktivitas Safety Feature Campaign di area tersebut.

Ada tiga area spesifik di Danau Toba yang dipasangi cermin cembung, yaitu Siantar–Tarutung karena daerah itu rawan longsor dan berkabut, serta kondisi jalanan yang naik turun.

Lalu di sepanjang Simpangtele – Panguruan yang jalurnya banyak melalui perbukitan, tikungan naik turun di dekat permukiman warga, serta jalan Pancur Batu – Berastagi – Sidikala, dengan kondisi melalui perbukitan dengan banyak kabut yang dapat mengganggu jarak pandang.

Vice President Director TAM, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa Toyota sangat peduli akan pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya, sehingga Toyota bersama-sama komunitas pengguna kendaraan Toyota selalu konsisten melaksanakan berbagai program Safety Driving.

“Pemasangan cermin cembung ini diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya,” kata Henry. [dp/MTH]