Pertama Kalinya, Honda ADV150 Menginjak Titik Terjauh di Timur Indonesia | dapurpacu.id

Pertama Kalinya, Honda ADV150 Menginjak Titik Terjauh di Timur Indonesia


DAPURPACU – Perjalanan hari ketiga turing ‘ADV Satu Hati Jelajah Nusantara’ mulai bergerak menuju Sumbawa. Kondisi peserta masih bersemangat melakukan perjalanan dengan rute pertama menuju Jembatan Samota.

Nama “Samota” yang merupakan akronim dari Teluk Saleh, Pulau Moyo, Gunung Tambora ini memang menyambungkan ketiga daerah ini, menjadikan tiga daerah itu sebagai Kawasan Segitiga Eksotis Sumbawa. Disini para peserta mengabadikan moment untuk di share di media social masing-masing.

Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ke sekolah SD Negeri 12 Sumbawa Besar. Di sana seluruh peserta mengajak anak-anak untuk bergembira ria serta dilakukan penyerahan peralatan sekolah untuk anak-anak sebagai bentuk CSR peduli sesama dan Pendidikan. Setelah menyerahkan donasi berupa peralatan sekolah berupa buku dan alat-alat tulis, turing pun berlanjut ke destinasi yang menjadi puncak dari even ini, yakni Titik 0 KM Sape.

Dapat dikatakan rute yang di tempuh menjadi yang terberat sepanjang tiga hari perjalanan turing tersebut. Jalan lurus, tikungan landai dan tajam, serta tanjakan maupun turunan, jadi santapan yang harus dihadapi seluruh peserta. Belum lagi kondisi cuaca ‘super’ panas, cukup menguras tenaga dan konsentrasi.

Beruntung, tim safety riding Astra Motor Bali menerapkan berkendara aman, di mana peserta diwajibkan istirahat setiap 2 jam sekali. Sehingga kondisi tubuh peserta tetap terjaga baik.

Menuju lokasi tersebut, rombongan melintasi Kota Dompu dan Bima, yang masing-masing memiliki keistimewaan di daerahnya. Dompu misalnya sebagai wilayah penghasil susu kuda liar dan madu.

Selain itu Dompu juga dikenal sebagai daerah yang kaya akan keragaman genetik hewan penghasil daging misalnya kerbau rawa atau kerbau lumpur. Di sini peserta istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan menuju ke 0 km yang lebih dikenal sebagai tempat yang dianggap titik sakral untuk para biker yang suka melakukan touring. Kilometer Nol dianggap sebagai kiblat atau patok bagi perjalanan seorang biker. Disini para biker dapat mengabadikan moment penting touringnya. Selanjutnya menuju ke Bima sebuah kota otonom yang terletak di Pulau Sumbawa bagian timur untuk istirahat.

“Kegiatan di hari ketiga ini, seluruh peserta selain menikmati obyek wisata juga melakukan aksi berbagi dengan anak sekolah SD negeri 12 Sumbawa. Harapannya pada event ini tidak hanya melakukan touring tapi juga bisa melakukan kegiatan social dengan masyarakat, “ ungkap Gusti Lanang Oka Pradipta selaku marketing supervisor Astra Motor Bali. [dp/MTH]