Toyota Rush Bakal Punya Adik, Namanya Raize | dapurpacu.id

Toyota Rush Bakal Punya Adik, Namanya Raize


DAPURPACU – Dalam waktu tak lama lagi, Toyota bersama Daihatsu akan merilis model crossover berukuran kompak. Bahkan kedua model tersebut sudah dipajang di Tokyo Motor Show 2019.

Jika versi Daihatsu digadang-gadang akan diberi nama Rocky untuk crossover anyar tersebut, sementara Toyota sudah pasti akan menyematkan nama Raize.

Sekilas tampilan Raize ini mirip dengan Toyota RAV4, terutama untuk garis-garis bodi yang tajam dan berkesan kotak, sehingga menampakkan kekokohannya sebagai model crossover. Hanya saja dari sisi dimensi, Raize jauh lebih kecil dari RAV4 dan bahkan di bawah Toyota Rush.

Belum tahu apakah Raize hanya akan dipasarkan di Jepang atau melebar ke Asia. Tapi yang jelas, Raize bisa sebagai alternatif murah bagi mereka yang tak cukup duit untuk meminang CH-R.

Berukuran panjang kurang dari 4 meter, sepertinya Raize dan kembarannya dari Daihatsu cocok untuk pasar Asia, termasuk Indonesia. Berkapasitas 5 tempat duduk, Raize menjadi pilihan tepat bagi kalangan muda yang menginginkan model kompak ber-DNA crossover.

Baca juga:  Channel Youtube Auto2000 Paparkan Kemudahan Servis di Bengkel Resmi

Di Jepang, Raize akan resmi diluncurkan pada 5 November. Bahkan di akun Twitter Toyota Jepang terpampang tujuh model dengan beragam gaya hasil racikan rumah modifikasi milik Toyota, yakni TRD dan Modellista.

Untuk dapur pacu, baik Raize maupun versi Daihatsu tampaknya akan mengusung mesin yang sama, kemungkinan berkapasitas 1.0-liter bertenaga 98 PS dan torsi 140 Nm.

Menarik untuk melihat kiprah duet ini di segmen crossover entry level yang tak banyak dijamah pabrikan. Jika crossover kembar ini masuk ke Tanah Air, ada peluang untuk dapat mengalihkan perhatian konsumen yang selama ini berangan-angan untuk meminang model hatchback kompak, seperti Suzuki Baleno, Daihatsu Sirion, Honda Brio dan juga Toyota Yaris. [dp/TGH]