Siap Sambut Toyota Yaris Versi Sangar Bermesin Turbo | dapurpacu.id

Siap Sambut Toyota Yaris Versi Sangar Bermesin Turbo


DAPURPACU – Kalau bicara soal Toyota Yaris, pasti di pikiran banyak orang adalah mobil ekonomis dan mudah perawatannya. Sepertinya tak ada gambaran mobil ini untuk balapan. Tapi jika Anda sering mengamati kiprah Toyota di ajang reli dunia (WRC), pabrikan mobil asal Jepang ini menerjunkan model Yaris yang dibesut oleh Gazoo Racing Team. Bahkan pereli andalan Toyota Ott Tanak berhasil menjadi juara World Rally Championship akhir Oktober lalu.

Nah, dari sukses di ajang reli tersebut, Toyota kini menyiapkan Yaris versi galak yang memiliki DNA Yaris WRC. Namanya adalah Yaris GR-4, dan tentunya Gazoo Racing di balik proyek ini. Rencananya Yaris GR-4 akan diluncurkan dua pekan lagi bersamaan dengan gelaran Rally Australia.

Perlu Anda tahu bahwa Rally Australia bakal digelar pada 17 November mendatang. Untuk itu, bagi Anda penggemar Yaris, jangan lupa untuk memantau gerak-gerik Toyota di seri tersebut.

Baca juga:  Busi NGK Hadirkan Produk 'Ramah' di Kantong Untuk Mobil Bermesin NR

Sejauh ini Toyota belum merilis informasi detail mengenai Yaris GR-4, tapi di dunia maya sudah beredar foto teaser yang menampakkan bagian belakang dari model hatchback tersebut.

Dibandingkan dengan versi standar, Yaris GR-4 memiliki fender ekstra lebar. Ini menggambarkan bahwa banyak sentuhan diberikan Toyota pada bagian bawah sasis.

Kemudian, jika menilik dari namanya yang memiliki angka ‘4’, di sini menarik untuk dibahas atau dispekulasikan karena banyak arti yang bisa diterjemahkan.

Pertama, angka ‘4’ itu bisa mengartikan Yaris ini akan memiliki mesin 4 silinder, bukannya 3 silinder seperti pada Yaris standar versi Eropa. Jika benar demikian, bisa saja mesin ini dibekali turbocharger seperti layaknya banyak hatchback sangar yang beredar saat ini.

Kemungkinan kedua lebih menarik, yakni keberadaan sistem all-wheel drive (4WD). Terlebih Toyota sudah menerapkan sistem penggerak semua roda ini pada Yaris WRC.

Tentu saja, akan makin keren jika Yaris GR-4 akan mengusung mesin 4 silinder turbo dan berpenggerak all-wheel drive. Jadi, jika Anda penasaran, tunggu saja gelaran Rally Australia. [dp/TGH]