Sirkuit Gokart Sentul Siap Gelar Ajang Internasional | dapurpacu.id

Sirkuit Gokart Sentul Siap Gelar Ajang Internasional

Perwakilan The Commission Internationale de Karting ( CIK ) saat melakukan inspeksi terhadap Sirkuit Internasional Karting Sentul pada akhir pekan lalu.

DAPURPACU – Federasi tertinggi dunia untuk olahraga gokart, The Commission Internationale de Karting atau yang lebih dikenal dengan nama CIK, baru saja melakukan inspeksi terhadap Sirkuit Internasional Karting Sentul yang diadakan pada Jumat (29/11) akhir pekan lalu.

Kali ini, CIK melakukan inspeksi guna meninjau kelayakan Sirkuit Internasional Karting Sentul untuk meraih predikat dan lisensi CIK-FIA. Beberapa faktor yang ditinjau oleh pihak CIK di antaranya faktor keamanan, kelengkapan fasilitas, serta tata kelola balapan. Namun satu yang menjadi perhatian lebih CIK, yaitu faktor keselamatan karena ini adalah poin utama yang dinilai oleh CIK dalam memberikan lisensi.

Setelah dilakukan riset dan pengembangan beberapa waktu terakhir, tahun depan sudah dikonfirmasi bahwa akan ada empat ajang internasional yang siap diselenggarakan di Sirkuit Internasional karting Sentul, yang terdiri dari dua putaran Asia Rok Cup, satu putaran X30 Asia Cup, serta Asia Karting Open Championship (AKOC) (yang sebelumnya pernah diselenggarakan di Sentul sepuluh tahun silam).

Direktur Sirkuit Internasional Karting Sentul, Kemas Haikal, mengatakan, “Saya selaku pengelola sirkuit gokart merasa sangat puas dengan feedback dari inspeksi CIK. Usaha yang telah dilakukan selama ini mendapat sambutan positif dengan tujuan membawa Sirkuit Karting Sentul menjadi Sirkuit yang berstandar internasional sekaligus rumah bagi para pebalap nasional.”

Haikal menambahkan jika secara keseluruhan Sirkuit Karting Sentul dalam kondisi baik. Pihak CIK juga melihat bahwa Sirkuit Karting Sentul secara teknis sangat memungkinkan untuk dapat menyelenggarakan kejuaraan dunia.

Sementara itu, Rifat Sungkar sebagai salah satu Ketua Komisi Roda Empat di Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat mengungkapkan, “Saya yang memulai karier balap ketika itu dari olahraga gokart, sangat bangga dengan renovasi yang dilakukan Sirkuit Gokart Sentul. Para pengelolanya saat ini memiliki visi dan misi yang sama dengan saya, yaitu ingin mengembangkan potensi pebalap Indonesia menuju dunia internasional melalui kejuaraan-kejuaraan internasional yang digelar.”

“Untuk menunjang itu, dibutuhkan standarisasi dan Sirkuit Karting Sentul telah memenuhi syarat dan ketentuan yang diperlukan untuk menyelenggarakan kejuaraan internasional,” tambah Rifat.

Meski begitu, masih ada beberapa catatan inspeksi terkait riset dan pengembangan yang perlu dilakukan, di antaranya diperlukan penambahan ban di seputar drainase yang terdapat di dalam lintasan, selain itu diperlukan juga perataan atau leveling antara aspal trek dengan tanah dan rumput. CIK sendiri telah memberikan waktu sebanyak enam bulan untuk melakukan perbaikan sebelum lisensi diterbitkan. Jadi kita tunggu saja kelanjutannya tahun depan. [dp/BGS]