Cerita Sukses Toyota Avanza Hingga Terjual 1,8 Juta Unit | dapurpacu.id

Cerita Sukses Toyota Avanza Hingga Terjual 1,8 Juta Unit


DAPURPACU – PT Toyota Astra Motor (TAM) melaporkan penjualan Avanza telah menggapai angka lebih dari 1,8 juta unit di seluruh Indonesia. Jumlah ini tentu menjadi ‘kado’ istimewa di usianya yang telah menginjak 16 tahun.

Bahkan, di tahun ini angka penjualan Avanza tumbuh 6,9% dibandingkan tahun sebelumnya, di tengah penurunan permintaan pasar sebesar 11,1% di segmen Low MPV.

Catatan prestasi positif pun telah diraih Avanza sejak pertama kali diluncurkan Desember 2003 silam, dimana lebih dari 43 ribu unit terjual di tahun perdananya.

Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan Avanza lahir dari upaya Toyota untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan the real 7-seater MPV dengan DNA yang handal dan tangguh.

“Kami bersyukur Avanza mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan masyarakat Indonesia hingga diusianya yang ke 16 tahun ini. Terima kasih kami ucapkan kepada pelanggan, khususnya kepada lebih dari 1,8 juta pengguna Avanza yang semakin memberikan kepercayaan kepada Avanza untuk menjadi MPV terlaris di Indonesia dan sekaligus menjadi Part of Indonesia,” kata Anton dalam siaran resminya.

Baca juga:  Tampilan New Fortuner dan New Kijang Innova Makin Premium

Sejak awal, Avanza dirancang sebagai kendaraan serba guna (MPV) yang dapat memenuhi kebutuhan dan mendukung berbagai macam aktivitas masyarakat Indonesia.

Anton mengklaim bahwa pasar low MPV berkembang pesat sejak Avanza muncul, di mana sebelum diluncurkan pasar hanya mencatatkan penjualan sekitar 5 ribuan unit saja.

“Setelah muncul, pasar yang dihuni oleh Avanza menggeliat signifikan hingga mendekati 80 ribu unit pada akhir 2004. Bahkan, pasar Low MPV pernah mencapai titik tertinggi di 2013 dengan pencapaian lebih dari 200 ribu unit,” tutur Anton.

Anton pun berjanji Toyota akan menjadikan masukan dari pengguna Avanza mengenai kebutuhan dan ekspektasi mereka untuk terus melakukan continuous improvement kedepannya agar senantiasa mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pelanggan,” tambah Anton.

Hal itu dibuktikan dengan terus dilakukan penyegaran pada performa, kenyamanan, fitur safety dan tampilan Avanza untuk mengikuti dinamika perubahan ekspektasi dan kebutuhan, hingga terlahirlah generasi ke-2 Avanza pada 2011 dan Grand New Avanza-Veloz pada 2015.

Baca juga:  Gaikindo Gagal Bikin Pameran, Toyota Virtual Expo Kembali Digelar

Tak berhenti di situ, Toyota kembali melakukan peningkatan yang signifikan pada Avanza-Veloz di awal 2019 ini. Tampilan New Avanza menjadi lebih modern dan tampilan New Veloz menjadi lebih stylish.

Selain itu, Toyota juga meningkatkan level kenyamanan pada New Avanza dan New Veloz dengan menambahkan peredam suara di beberapa bagian mobil sehingga tingkat kebisingan yang masuk ke dalam kabin mobil dapat berkurang secara signifikan. [dp/MTH]