Perluas Bisnis, Carsome Gandeng JBA Bidwin Auction | dapurpacu.id

Perluas Bisnis, Carsome Gandeng JBA Bidwin Auction

Tanda tangan MoU oleh dua belah pihak (Kiri-Kanan : Shahrol - General Manager Carsome Indonesia, Eric Cheng - Founder & CEO Carsome, Kazuhiro Shioyama - CEO JBA Indonesia, Jonathan Nicolas - West & Central Regional Head JBA

DAPURPACU – Platform perdagangan mobil bekas terkemuka di Asia Tenggara yang hadir di Malaysia, Indonesia, Thailand dan Singapura. Carsome, meresmikan kerja sama dengan PT JBA Indonesia atau yang dikenal dengan nama JBA Bidwin Auction (JBA), perusahaan lelang otomotif tepercaya, pada Selasa (17/12) di Jakarta. 

Hadir di Indonesia pada tahun 2016, Carsome telah memiliki lebih dari 1.600 dealer rekanan di Jabodetabek, Bandung & Surabaya. Sementara itu, JBA memiliki 4.800 dealer di kota-kota besar dan 18 cabang JBA di seluruh Indonesia. Di Asia Tenggara, Carsome mencatat transaksi lebih dari 40.000 mobil per tahun dengan total nilai transaksi lebih dari 300 juta Dolar AS.

Sedangkan, JBA BidWin Auction (JBA) merupakan bagian dari PT Adi Sarana Armada Tbk. (ASSA) yang bergerak dalam bisnis pelayanan transportasi dan logistik. Saat ini, jaringan lelang JBA telah terdapat di lebih dari 18 cabang, hub, dan pool di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Saat ini, JBA melakukan lelang lebih dari 100.000 unit mobil per tahun yang menjadikan JBA sebagai balai lelang nomor satu di Indonesia.

“Kolaborasi ini memungkinkan pengguna Carsome untuk menjual mobilnya ke lebih banyak calon pembeli. Mereka juga memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk menjual mobilnya dengan harga yang kompetitif, tidak lagi terpaku apakah dijual secara online atau konvensional, karena Carsome & JBA dapat memadukan keduanya,” kata Co-Founder & CEO Carsome Eric Cheng.

Dengan sistem referral, apabila penjual belum berhasil menjual mobil bekasnya di Carsome, penjual dapat menitipkan mobilnya untuk mengikuti lelang di JBA. Begitu pula sebaliknya, penitip mobil yang belum berhasil memenangkan lelang di JBA dapat menggunakan layanan jual mobil bekas dari Carsome.

Dengan demikian, penjual mobil bekas akan mempunyai lebih banyak pilihan untuk menjual mobil bekas dengan cepat dan mendapatkan harga terbaik. Kerja sama antara Carsome dan JBA efektif berjalan mulai 17 Desember 2019. Sebagai permulaan, layanan ini akan tersedia di balai lelang JBA cabang Jakarta Meruya dan Jakarta Tipar, menyusul kemudian di Surabaya & Medan.

“Ajakan kerja sama dari Carsome kami sambut sebagai bentuk kolaborasi bisnis ‘analog’ dan ‘new wave’. JBA di sisi analog dan Carsome di sisi new wave. Apalagi, tren pasar mobil bekas masih sangat besar di Indonesia. Dalam lima tahun terakhir, peningkatan pasar mobil bekas melalui lelang di JBA naik  lebih dari 100%,” kata CEO JBA Kazuhiro Shioyama. [dp/BGS]