Gila! Toyota GR Yaris Punya Tenaga 250 PS | dapurpacu.id

Gila! Toyota GR Yaris Punya Tenaga 250 PS


DAPURPACU – Tinggal beberapa hari lagi menuju debut globalnya, sedikit demi sedikit informasi seputar Toyota GR Yaris mulai bermunculan, dan kian menegaskan performa gahar dari hot hatchback ber-DNA reli ini.

Gambaran performa dari Yaris racikan Gazoo Racing ini juga mulai terkuak setelah Toyota mengundang beberapa media untuk menjajal Yaris GR versi prototipe yang dibekali sistem all-wheel drive.

Toyota GR Yaris memiliki resep khusus dalam proses homologasi, yang akan menjadikannya sebagai mobil reli versi jalan raya. Memang benar, Yaris GR ini mengadopsi berbagai teknologi dan kemampuan yang dimiliki Yaris versi reli untuk ajang World Rally musim 2021, dan juga versi reli kelas R5.

Saat pertama dimunculkan gambar teaser-nya, terlihat GR Yaris memiliki ‘sesuatu’ yang spesial. Meski sekilas tampilannya layaknya mobil biasa yang wira-wiri di jalan raya, tapi ada sejumlah perubahan ekstrem yang dilakukan Gazoo Racing pada hatchback ini.

Ubahan radikal pertama adalah bodinya yang mengadopsi model tiga pintu. Untuk diketahui, Toyota memang sengaja menciptakan hatchback ini sebagai model Gazoo Racing. Layaknya mobil sport, GR Yaris dibekali pintu tanpa rangka dan atap yang lebih rendah 95 mm ketimbang Yaris biasa.

Kekhususan lain dari GR Yaris adalah sejumlah panel bodi yang terbuat dari aluminium berbobot ringan, seperti atap, bonnet, pintu dab sayap depan. Itu semua demi memangkas bobot kendaraan.

Kemudian struktur bagian bawah juga menggunakan material ringan namun kokoh. Sedangkan platform dasarnya sama seperti keluarga Yaris lainnya, termasuk untuk wheelbase.

Di balik kap mesin terpasang mesin bensin anyar tiga silinder turbocharged 1.6-liter, yang diletakkan agak ke belakang untuk mencapai distribusi bobot lebih baik.

Toyota sengaja memilih mesin tiga silinder ketimbang empat silinder, sebagian karena untuk proses homologasi mobil reli R5. Mobil yang berlaga di kelas R5 diwajibkan mengusung mesin tiga silinder mulai 2020.

Naohiko Sato, lead engineer untuk GR Yaris, mengklaim bahwa ini merupakan mesin 1.6 versi produksi paling ringan dan paling bertenaga.

Jika demikian, bagaimana dengan performa Yaris? Tak banyak yang bisa diungkap, kecuali klaim bahwa tenaga dari GR Yaris mencapai lebih dari 247 HP (250 PS) dan torsi menyentuh angka 258 lb-ft (350 Nm). Dan berlawanan dengan tren era kini, new Toyota GR Yaris hanya akan ditawarkan dalam varian bertransmisi manual enam percepatan.

Hebatnya, Toyota GR Yaris akan dibekali all-wheel drive system yang juga baru. Tapi model ini tak dilengkapi differential tengah, sebagai gantinya menggunakan paket kopling diferensial untuk depan dan belakang, dengan tiga setelan: Normal (60:40 untuk roda depan ke belakang), Sport (30:70) dan Track (50:50). Selain itu, Toyota juga menawarkan opsi limited-slip differential untuk roda depan dan belakang.

Toyota GR Yaris akan diperkenalkan dan sekaligus mengawali debut global di ajang Tokyo Auto Salon pada 10 Januari 2020 mendatang. [dp/TGH]