Rekayasa Satu Arah Berlaku di Jalur Puncak | dapurpacu.id

Rekayasa Satu Arah Berlaku di Jalur Puncak


DAPURPACU – Bagi Anda yang ingin menikmati malam pergantian tahun 2019 di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, diimbau untuk memikirkan kembali. Sebab, selama Operasi Lilin 2019, jalur favorit warga Ibu kota ini akan diberlakukan satu arah menuju Puncak.

Hal ini diketahui berdasarkan pantauan langsung Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Istiono, M.H., saat mengunjungi Pos Pelayanan Jalur Puncak, Gadog, Puncak, Sabtu (28/12) lalu.

Dilansir dari NTMC, kunjungan ini untuk melihat kesiapan pengamanan kelancaran arus lalu lintas pada perayaan malam Tahun Baru 2020. Nantinya, jalur Puncak akan diberlakukan satu arah menuju ke Puncak dari jam 07.00 WIB sampai dengan jam 12.00 WIB.

Selanjutnya, rekayasa lalu lintas tersebut kembali dilakukan pada pukul 13.00 sampai pukul 15.00 WIB menuju Jakarta, setelah itu arus di normalkan kembali. Tak hanya itu, saat jelang malam pergantian tahun, Polres Bogor akan memberlakukan Car Free Night.

“Pemberlakuan Car Free Night pada 31 Desember 2019 mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan 1 Januari 2020 pukul 06.00 WIB,” kata Kakorlantas. Penutupan jalur dilakukan di Interchange Gadog dan SPBU Patung Ayam.

“Penting untuk diingat masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun di Puncak, diimbau sudah mempersiapkan diri sebelum pukul 18.00 harus sudah berada di Puncak,” jelas Kakorlantas.

Sementara bagi masyarakat dari arah Jakarta yang ingin menuju Cianjur, Polres Bogor memberikan dua pilihan rute alternatif. Pertama Cibubur – Cianjur via Jonggol, dengan rute Cibubur-Cileungsi-Jonggol Cariu-Cikalong-Cianjur.

Rute berjarak 86,1 km ini dapat ditempuh dalam waktu 2 jam 45 menit. Sedangkan alternatif kedua adalah Ciawi-Cianjur, dengan rute Ciawi-Cicurug-Cibadak-Kota Sukabumi-Cianjur. Dengan jarak 88,6 km, waktu tempuh diperkirakan tercapai 3 jam 41 menit. [dp/MTH]