Debut, MBTECH DWSA 2019 Hasilkan Karya Terbaik Seatmaker Indonesia | dapurpacu.id

Debut, MBTECH DWSA 2019 Hasilkan Karya Terbaik Seatmaker Indonesia


DAPURPACU – Distributor pelapis sintetis jok kendaraan, MBtech, kembali mewadahi kreativitas masyarakat khususnya para seatmakers untuk menyalurkan idenya, lewat kontes MBtech Driving With Style Awards (DWSA) 2019.

Ajang ini sendiri telah berlangsung sejak 15 Agustus – 1 Desember 2019, dan telah menentukan 10 karya terbaik termasuk di dalamnya tiga pemenang dalam kontes yang baru pertama kali digelar tersebut.

Direktur MBtech, Setiyanto mengatakan bahwa kontes ini digelar untuk mengapresiasi seatmakers mobil dan pecinta modifikasi interior mobil di seluruh Indonesia.

“Kami akui tidak semua seatmaker bisa mengikuti (kontes modifikasi) secara offline. Untuk itulah kontes ini kami laksanakan sebagai wadah bagi mereka,” kata Setiyanto, disela pengumuman pemenang di Jakarta, Kamis (23/1).

“Selama ini mereka terkendala karena harus memamerkan pula mobil modifikasi layak kontes jika ingin mengikuti kategori khusus interior MBtech Awards di even modifikasi,” tambahnya.

Istimewanya, lanjutnya, meski baru pertama kali digelar, kontes ini langsung mendapat antusiasme tinggi. Dibuktikan dengan jumlah peserta yang mencapai 62 seatmaker dari seluruh Indonesia melalui kontes online.

Keseluruhan karya jok menampilkan desain segar dan keragaman tema serta memiliki tingkat kreativitas tinggi. Hal ini tentu menjadi indikasi baik bagi even yang baru pertama kali diadakan.

Namun demikian ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam setiap karya jok yang dikirimkan, yakni model dan desain jok, kelayakan postingan, kelayakan format foto, keterangan foto dan cerita karya jok.

Dari 62 peserta yang mendaftar, tim juri berhasil menyaringnya menjadi 10 nominasi terbaik dengan masing-masing aliran gaya modifikasi jok.

Ke 10 finalis kembali disaring menjadi tiga modifikasi jok terbaik dengan beberapa penilaian, seperti kreativitas model atau konsep, kreativitas desain grafis/pola, kualitas pengerjaan, pemilihan warna dan terakhir jumlah like & share melalui sosial media.

Digital Creative Division Manager MBtech, Edi Pamungkas, menuturkan peserta yang lolos seleksi diharuskan mengirimkan bentuk fisik asli desain jok untuk nantinya diproses kembali dalam penilaian.

“Masing-masing penilaian dari lima kriteria di atas memiliki bobot yang sama yakni 20%. Berdasarkan penilaian tersebut akan dipilih tiga karya jok dengan nilai tertinggi dan urutan finalis 10 besar,” imbuh Edi.

Proses penjurian MBTECH DWSA 2019

Ketiga pemenang yang berhak membawa hadiah antara lain adalah modifikasi jok dengan konsep digital artist besutan Arief Ie Ie Incar sebagai juara ketiga. Modifikasi jok sporty two tone toon snake style hasil kreatifitas Budi R2 Car Interior sebagai juara kedua.

Dan sebagai juara pertama adalah desain jok dengan konsep Bumblebee, besutan Handika Jok Pratama. Yang berhasil menyulap sebuah jok menjadi robot animasi Bumblebee secara detail.

Pemenang pertama akan mendapatkan uang sebesar Rp 15 juta + tropi + plakat. Juara kedua menerima uang Rp 10 juta + tropi + plakat, dan pemenang ketiga uang sebesar Rp 5 juta + tropi + plakat. Para finalis masing-masing akan menerima uang Rp 1 juta serta plakat.

Peserta yang telah mengirimkan karya akan mendapatkan hadiah menarik dan certificate of participation MBtech Driving With Style Awards 2019. [dp/MTH]