Toyota Sematkan Fitur Keamanan 'Kelas Tinggi' Pada Alphard dan Vellfire | dapurpacu.id

Toyota Sematkan Fitur Keamanan ‘Kelas Tinggi’ Pada Alphard dan Vellfire


DAPURPACU – Toyota Astra Motor (TAM) melakukan penyegaran pada model MPV High mereka, Alphard dan Vellfire. Sejumlah fitur baru disematkan yang difokuskan pada faktor keamanan dan kenyamanan saat mengendarai mobil ini.

“Kedua faktor ini selalu menjadi perhatian utama sehingga Toyota secara terus menerus melakukan improvement agar pelanggan tidak hanya merasakan kemewahan, juga perlindungan keselamatan yang makin optimal,” kata Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Kini, kedua MPV premium tersebut dipasangkan fitur Toyota Safety Sense yang meliputi Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan fitur Automatic High Beam (AHB).

Dengan adanya fitur PCS, pengguna New Alphard dan New Vellfire kini mendapat perlindungan dari sistem radar yang terintegrasi, memberikan peringatan melalui audio dan visual terhadap potensi terjadinya benturan.

Fitur tersebut dapat secara otomatis mengurangi kecepatan, sehingga risiko benturan bisa dihindari atau dikurangi.

Sementara fitur LDA diklaim sangat membantu pengemudi menghindari kecelakaan, karena secara otomatis fitur ini memberi peringatan ketika kendaraan keluar dari jalur pada saat berkendara.

Baca juga:  #ToyotaAdaUntukAnda, 'Jamuan' Toyota di Masa Pandemi

Lalu DRCC, akan membantu pengendara memantau keberadaan kendaraan lain yang ada di depan dan menjaga jarak aman. Kendaraan secara otomatis akan mengurangi kecepatan, bahkan melakukan pengereman jika radar menunjukkan jarak dengan kendaraan lain sudah tidak aman.

Sedangkan fitur AHB membantu pengemudi saat melakukan perjalanan di malam hari. Fitur ini mendeteksi kendaraan dari depan dan secara otomatis mengurangi pencahayaan pada lampu jauh dan akan kembali menyala normal jika kendaraan dari depan sudah lewat.

New Alphard dan New Vellfire kini juga dilengkapi fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang akan memberi peringatan bila tekanan ban rendah.

Fitur ini akan sangat membantu pengguna untuk mempertahankan kenyamanan kendaraan dan juga dampak buruk yang mungkin terjadi pada ban dan velg jika tekanan ban rendah.

Selain itu, Toyota juga meningkatkan penggunaan Intelligent Clearance Sonar (ICS), yang semula hanya enam titik yaitu 2 di depan dan 4 di belakang, menjadi delapan titik yaitu 4 di depan dan 4 di belakang.

Baca juga:  #ToyotaAdaUntukAnda, 'Jamuan' Toyota di Masa Pandemi

Fitur ICS juga akan mendeteksi objek di sekitar kendaraan dan memberikan alarm suara ketika terlalu dekat. Fitur ini akan sangat membantu pengemudi saat parkir di ruang yang sempit.

Untuk semakin meningkatkan kenyamanan, Toyota melakukan improvement pada fitur Audio Head Unit (AHU) dan Rear Seat Entertainment (RSE). Jika sebelumnya AHU menggunakan layar monitor dengan lebar 8 inchi, kini menggunakan layar 9 inchi untuk varian 2.5 X, 2.5 G, dan 2.5 HEV.

Untuk varian 3.5 Q menggunakan layar berukuran 10.5 inchi. Sedangkan layar RSE yang sebelumnya 10 inchi menjadi 13 inchi, bahkan varian 3.5 Q menggunakan layar 13,3 inchi.

Tersedia juga Inside Rear View Mirror menggunakan teknologi Electric Mirror Gen 2, dengan jangkauan monitor yang lebih luas dan resolusi lebih tinggi dibandingkan sebelummya yang menggunakan teknologi Full Digital Mirror.

“Berbagai improvement ini kami hadirkan untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan yang lebih tinggi,” pungkas Anton.  Saat ini banderol Alphard mulai dari Rp1.025.200.000, sementara Vellfire dijual Rp1,776 miliar OTR Jakarta.

Baca juga:  #ToyotaAdaUntukAnda, 'Jamuan' Toyota di Masa Pandemi

Alphard pertama kali secara resmi di pasarkan TAM di Indonesia pada 2008. Di 2015, Vellfire dan Alphard HEV (Hybrid Electrified Vehicle) menambah jajaran line-up MPV Luxury ini.

Meski masuk di segmen yang sama, Alphard dan Vellfire memiliki karakter yang sangat berbeda. Alphard tampil dengan desain dengan nuansa mewah, anggun dan formal. Vellfire menonjolkan modern, dan high tech dengan kesan berani dan sporty.

Saat pertama kali dipasarkan, Alphard berhasil menarik perhatian di segmen MPV Luxury. Hingga Januari 2020, Alphard telah mencetak total penjualan 25.421 unit. Bahkan di 2019, Alphard membukukan market share 94,4%. [dp/MTH]