Kelak, Motor-motor KTM Bakal Banyak Dirakit di Filipina | dapurpacu.id

Kelak, Motor-motor KTM Bakal Banyak Dirakit di Filipina

Pabrikan perakitan motor KTM di Filipina bakal merakit banyak model terlaris, termasuk model terbaru 390 Adventure dan 790.

DAPURPACU – Negara yang satu ini begitu kental dengan sepeda motor lansiran Austria, KTM. Sejak Filipina mulai meraih di tahun 2017 silam, lini produk seperti 390, Duke 200 dan RC begitu diminati di sana.

Atas dasar ini tidaklah mengherankan bila ‘calon’ pendatang baru 390 Adventure begitu dinantikan jadwal peluncurannya oleh publik Filipina. Diklaim model tersebut juga bakal diproduksi di pabrik Laguna, milik konglomerat raksasa, Ayala Corporation.

Pihak KTM menyebutkan model entry level di segmen penjelajah ini bakal dirilis pada Mei tahun ini. KTM 390 Adventure dibangun dengan basis Duke 390, berbekal mesin 373 cc silinder tunggal yang menghasilkan tenaga 44 hp.

Meski menggunakan rangka model teralis yang sama, namun untuk Duke 390 Adventure menyematkan suspensi lebih kokoh, dipadukan dengan velg berukuran 19 inci di depan plus ban dual purpose.

Dengan kapasitas mesin tersebut, KTM cukup ‘pede’ untuk menyusupkan model tersebut ke Australia dan negara-negara di kawasan Eropa.

Hubert Trunkenpolz, President of KTM Asia Motorcycle Manufacturing, mengatakan dengan dibangunnya pabrik baru di Filipina menjadi langkah fantastis untuk membawa merek KTM ke negara bagian dan pasar yang baru.

“Hal ini menjadi masa perkembangan yang menarik bagi perusahaan. Kami sangat tertarik untuk melihat bagaimana fasilitas di pabrik ini akan berkembang,” kata Hubert.

Tak hanya 390 Adventure, Duke 790 juga diklaim bakal diproduksi di negara itu. Dengan begitu model ini menjadi motor berkapasitas mesin terbesar pertama yang dirakit di Filipina.

Dengan sekitar 70% dari semua sepeda motor yang dirakit di Filipina diekspor ke negara-negara terdekat, perpindahan produksi outsourcing ke Filipina merupakan bagian dari strategi KTM untuk globalisasi.

Upaya ini tampaknya membuahkan hasil, karena pada 2019, KTM menyusul BMW dalam penjualan global sebagai produsen sepeda motor nomor satu Eropa di dunia. [dp/MTH]