Harga Minyak Dunia Turun, BBM Pertamina Masih Sama | dapurpacu.id

Harga Minyak Dunia Turun, BBM Pertamina Masih Sama


DAPURPACU – Seperti diketahui, awal Februari lalu Pertamina telah menyesuaikan harga BBM untuk produk Pertamax dan Pertamax Turbo. Sementara untuk BBM jenis lainnya tetap dengan harga semula.

Pertamina menyebutkan bahwa kebijakan kenaikan maupun penurunan harga BBM mengacu pada ketentuan dari Kementrian ESDM, dan Pertamina selalu comply dengan hal tersebut.

“Pada prinsipnya Pertamina selaku operator akan menyesuaikan dengan peraturan Pemerintah. Apabila nantinya ada perubahan peraturan atau kebijakan, Pertamina akan menyesuaikannya,” demikian rilis yang diterima Dapurpacu.id, Senin (23/3).

Pertamina mengakui saat ini terjadi penurunan harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dollar yang kian membumbung tinggi menjadi faktor utama penetapan harga BBM.

Sementara untuk perhitungan harga jual BBM Non Subsidi dan Non Penugasan (Subsidi), ditetapkan Pertamina secara periodik bulanan dengan mempertimbangkan salah satunya adalah perkembangan harga minyak dan harga BBM di pasaran.

Baca juga:  Ini Cara SPBU Pertamina Cegah Penyebaran Virus

Pertamina akan mengacu pada kebijakan dan ketentuan Kementerian ESDM dalam hal penyesuaian harga BBM Non Subsidi. Sedangkan harga BBM subsidi merupakan kewenangan Pemerintah untuk penetapan harga jualnya.

Pertamina mengklaim bahwa harga BBM yang berlaku di seluruh SPBU di Tanah Air masih kompetitif. Atau dapat dikatakan lebih rendah dari harga jual BBM lainnya.

Sebagai informasi, harga jual BBM Non Subsidi Pertamina di SPBU saat ini sebagai berikut :

– Gasoline:
Pertamax Turbo (RON 98) Rp9.850/liter
Pertamax (RON 92) Rp9.000/liter
Pertalite (RON 90) Rp7.650/liter

– Gasoil :
Pertamina Dex (CEN 53) Rp10.200/ltr
Dexlite (CEN 51) Rp.9.500/ltr.