Sukses Jualan Secara Daring, Honda Raih Penghargaan | dapurpacu.id

Sukses Jualan Secara Daring, Honda Raih Penghargaan


DAPURPACU – Di tengah pandemi ini, ragam inovasi terus digulirkan pabrikan mobil di Indonesia agar tetap menghasilkan penjualan, termasuk di dalamnya layanan purna jual kepada konsumen.

Tak terkecuali bagi PT Honda Prospect Motor (HPM) yang tak ingin larut dalam masa ‘susah’ seperti saat ini. Inovasi penjualan secara daring dengan menggandeng e-commerce berbuah prestasi positif.

Baru-baru ini, HPM meraih penghargaan ‘Marketing Continuity Brand’ di ajang The 2nd Marketeers iClub yang digelar oleh MarkPlus, Inc. dan Marketeers secara online pada Jumat (5/6) lalu.

Penghargaan ini diberikan atas inovasi yang dilakukan dalam hal penjualan mobil secara online di tengah pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19 di Indonesia.

Seperti diketahui, wabah ini cukup menggoncang berbagai sektor perekonomian termasuk otomotif di Tanah Air. Melemahnya kondisi itu berdampak pada daya beli konsumen yang membuat penjualan otomotif turun drastis.

Baca juga:  Seri Perdana Balap Virtual Honda Digelar Akhir Pekan ini

Gaikindo mencatat penjualan mobil di Indonesia turun pada April dan Mei 2020. Namun tren penjualan mobil-mobil Honda yang dilakukan melalui jalur online justru meningkat secara pesat.

Hingga akhir bulan Mei lalu, lebih dari 20% dari total penjualan mobil Honda di Indonesia dilakukan secara online. Jumlah ini jauh meningkat dibanding kondisi di akhir 2019 lalu yang masih di bawah 5% dari seluruh total penjualan.

Dengan dukungan website resmi sebagai platform utamanya, Honda ingin agar para konsumen bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai produk, harga, dealer serta program penjualan yang berlaku.

Layaknya di showroom, konsumen juga dapat melihat eksterior dan interior mobil dengan tampilan 360 derajat, memilih warna, serta menambahkan berbagai aksesoris dalam format 3 dimensi.

Juga melalui website tersebut, konsumen juga dapat mengunduh brosur berbagai produk Honda, atau meminta dihubungi oleh dealer jika berminat untuk mencari informasi lebih lanjut.

Baca juga:  Seri Perdana Balap Virtual Honda Digelar Akhir Pekan ini

Menurut Yulian Karfili, Public Relations & Digital Manager HPM, selama masa pandemi ini fokus Honda adalah terus memberikan layanan yang memudahkan konsumen dari sisi penjualan maupun purna jual, terutama dalam kondisi pembatasan sosial yang mengharuskan konsumen tetap tinggal di rumah.

“Karena itu, jalur digital menjadi sarana yang paling tepat untuk menjalin komunikasi dengan konsumen pada saat ini,” kata Arfi, dalam keterangan resminya.

Promo Penjualan


Meski pandemi ini melemahkan daya beli masyarakat, HPM bersikukuh untuk tetap memberikan kemudahan dalam memiliki mobil Honda, lewat beragam program penjualan yang ditawarkan.

Melalui promo ‘Beli Honda di Rumah Aja’, Honda memberikan keuntungan lebih bagi konsumen yang melakukan pembelian melalui situs honda-indonesia.com, situs resmi dealer, dan berbagai jalur online lainnya.

Dalam program ini, setiap pembelian Mobilio dan BR-V, konsumen akan mendapatkan gratis cicilan angsuran sebanyak 3 bulan.

Baca juga:  Seri Perdana Balap Virtual Honda Digelar Akhir Pekan ini

Tak hanya itu, konsumen juga akan mendapatkan bonus gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun) khusus untuk pembelian Mobilio, BR-V, CR-V dan Honda Jazz.

Untuk semakin memudahkan konsumen melakukan transaksi secara online, Honda juga menggandeng beberapa situs e-commerce, yaitu Blibli dan Tokopedia.

Adanya kerja sama ini, Honda akan membuka toko resmi (official store) serta memberikan promo eksklusif untuk konsumen yang melakukan pembelian di kedua situs penjualan online itu. [dp/MTH]