Toyota Berikan Kijang Innova Ambulance ke Pemprov Jakarta | dapurpacu.id

Toyota Berikan Kijang Innova Ambulance ke Pemprov Jakarta


DAPURPACU – Peran serta Toyota Indonesia untuk membantu menuntaskan pandemi Covid-19 kembali diwujudkan, dengan diserahkannya empat unit Kijang Innova ambulance kepada Pemerintah Daerah DKI Jakarta, Senin (8/6).

Tak hanya itu, dengan menggandeng supply chain yang tergabung dalam Toyota Manufacturers Club juga mendonasikan face mask sebanyak 34.800 buah.

Bantuan diserahkan Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono dan diterima langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Rasa simpati mendalam kepada semua pihak yang terdampak wabah Covid-19, serta penghargaan yang tinggi kepada para petugas kesehatan dan pemerintah yang berada di garis terdepan dalam penanggulangan pandemi ini,” kata Warih.

“Upaya kami hanyalah sebagian kecil dari kebutuhan. Meski begitu, sebagai bagian dari warga DKI Jakarta, kami berharap donasi ini dapat mendukung transisi PSBB,” ujar Warih lebih lanjut.

Kijang Innova buatan Karawang ini telah dikonversi menjadi ambulance sesuai standar, sesuai dengan tindakan medis yang diperlukan oleh salah satu supply chain otomotif.

Produksi Face Mask
Di sisi lain, Toyota Indonesia juga terus berupaya berbagai cara untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut. Dengan menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) seperti Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta, mereka memproduksi face mask yang akan didonasikan.

“Kami bekerja sama dengan akademia seperti Universitas Indonesia dan beberapa supply chain Toyota, pengembangan berbagai Alat Pelindung Diri seperti flocked swab, medical google, hazmat suit, bag valve mask, dan face shield,” pungkas Warih..

Sebagai informasi, Toyota Indonesia mendonasikan 17 unit Kijang Innova ambulance yang dikirimkan ke berbagai instansi dan pemerintah seperti Karawang dan Bekasi.

Lima unit diantaranya telah diberikan kepada Palang Merah Indonesia dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta 105.000 Alat Pelindung Diri (APD) bersama dengan dealer, supply chain, dan afiliasi.

Lalu dengan berkolaborasi bersama PT Serasi Autoraya (SERA), disediakan 68 unit Avanza sebagai armada untuk menunjang mobilitas tenaga medis Covid-19 di 15 kota besar di Indonesia.

Selain itu, diberikan juga bantuan paket sembako dan kebutuhan menjaga kebersihan diri untuk mencegah penularan Covid-19, seperti hand sanitizer, masker kain, sabun cuci tangan antiseptik, alat pencuci tangan portabel serta kebutuhan lainnya.

“Seluruh donasi tersebut kami berikan kepada masyarakat di lingkungan sekitar dan dilernya di seluruh Indonesia, sekaligus penambah semangat masyarakat,” pungkas Warih. [dp/MTH]