Total Pangsa Pasar Daihatsu Sedikit Lebih Baik Ketimbang Nasional | dapurpacu.id

Total Pangsa Pasar Daihatsu Sedikit Lebih Baik Ketimbang Nasional

Sigra terus jadi tulang punggung penjualan Daihatsu di tengan pandemi Covid-19.

DAPURPACU – Tak bisa dipungkiri hingga Mei lalu, pasar otomotif Tanah Air masih terus mengalami penurunan, dampak dari pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Sektor yang merupakan salah satu penggerak industri nasional ini terus mengalami kemerosotan terhitung sejak Maret 2020. Daya beli masyarakat yang terus menurun dan penerapan PSBB di banyak tempat, menjadi alasan utama.

Kondisi ini juga dialami oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai salah satu pemain utama otomotif Indonesia, yang juga mengalami penurunan volume penjualan.

Sebagai informasi, pasar otomotif nasional selama Januari – Mei 2020 mencapai 260 ribu unit, atau turun 40% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara untuk penjualan retail Daihatsu pada periode tersebut tercapai total 48.019 unit, atau turun 39% dibandingkan tahun lalu.

Angka ini lebih kecil dari penurunan pasar otomotif nasional, sehingga market share Daihatsu mengalami kenaikan dari 18% year to date (YTD) Mei 2019 menjadi 18,4% YTD Mei 2020.

Baca juga:  Mulai Bulan ini, Daihatsu Persiapan Jalani Produksi 2 Shift

Seperti diketahui, dalam rangka mengikuti arahan pemerintah, Daihatsu menghentikan sementara proses produksi baik untuk pasar domestik maupun ekspor pada periode April-Mei lalu. Dengan begitu untuk distribusi unit dari pabrik ke dealer (whole sales) tidak diperoleh angka apapun, alias 0, pada Mei lalu.

Adapun pencapaian pasar mobil keseluruhan secara whole sales selama periode Januari – Mei 2020 sebesar 248 ribu unit, atau turun 41% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara, pencapaian whole sales Daihatsu di periode yang sama sebanyak 49.443 unit, atau turun 39% dari 2019, lebih baik dari penurunan pasar nasional. Sehingga market share Daihatsu secara whole sales mengalami kenaikan dari 19,2% di tahun 2019 menjadi 19,9% di tahun ini.

Penjualan retail sales Daihatsu secara model, masih tetap didominasi oleh Sigra dengan raihan 13.846 unit, berkontribusi sebesar 28,8%. Diikuti Gran Max (PU) 9.483 unit (19,7%), dan Terios 7.687 unit (16,0%).

Baca juga:  Daihatsu Raih Sukses Pembelian Secara Daring

“Memasuki bulan Juni ini, sudah banyak area di Indonesia yang melakukan relaksasi PSBB, sehingga roda perekonomian mulai menggeliat kembali,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director ADM, dalam siaran resminya.

“Kami berharap pasar mobil Indonesia akan membaik seiring dengan peningkatan ekonomi Indonesia,” pungkas Amelia. [dp/MTH]