Geneva Motor Show Dibatalkan Dua Tahun Berturut-turut | dapurpacu.id

Geneva Motor Show Dibatalkan Dua Tahun Berturut-turut


DAPURPACU – Pameran Geneva Motor Show resmi dibatalkan untuk tahun ini dan juga di 2021. Pengumuman ini tak urung membuat kekacauan pihak peserta yang telah mengajukan diri untuk berpartisipasi.

‘Sepinya’ peserta dan juga masa-masa sulit seperti ini, menjadi alasan kuat pembatalan pameran terakbar di dunia tersebut. Sejatinya, komite dan dewan dari organisasi International de l’Automobile telah memprediksikan bahwa kondisi pandemi bakal meluluh lantahkan industri otomotif dunia.

“Sektor otomotif saat ini sedang melalui fase yang sulit, dan peserta pameran perlu waktu untuk pulih dari dampak pandemi,” katanya.

“Mayoritas peserta pameran yang ikut serta dalam survei, menyatakan mereka mungkin tidak akan berpartisipasi di tahun depan (2021) dan mereka lebih memilih GIMS pada tahun 2022.”

Pihak komite menambahkan pabrikan butuh waktu untuk bisa pulih sepenuhnya dari pandemi ini, dan itu diklaimnya jauh dari pasti bahwa di tahun depan pameran ini dapat menyedot ratusan ribu pengunjung, yang biasanya menghadiri pameran otomotif tahunan tersebut.

Baca juga:  Ancaman Covid-19, MotoGP Amerika Batal Digelar

Dengan dibatalkannya pada tahun ini, berujung kerugian besar hingga sekitar 11 juta franc Swiss. Bahkan mereka harus menolak pinjaman modal 16,8 juta franc Swiss dari negara bagian Jenewa, meski pada awalnya telah disetujui.

Alasan utama penolakan itu dikarenakan tuntutan pameran GIMS harus terlaksana di tahun depan, dan pihak panitia diwajibkan melakukan pembayaran 1 juta franc Swiss di awal Juni 2021.

Untuk itu, pihak berencana untuk menjual hak menggelar pameran kepada Palexpo SA, lokasi yang menjadi venue pameran di Jenewa. [dp/MTH]