BMW F 900 R, Naked Bike 'Berjubel' Fitur Terkini | dapurpacu.id

BMW F 900 R, Naked Bike ‘Berjubel’ Fitur Terkini


DAPURPACU – BMW Motorrad Indonesia resmi memboyong model terbarunya F 900 R, guna melengkapi model-model lain yang terlebih dulu meluncur. Motor bergenre naked bike itu menjadi produk kedua yang dirilis di tahun ini.

Sebelumnya, BMW Motorrad juga merilis S 1000 XR pada April lalu. Untuk naked bike anyar sendiri diklaim telah disematkan beragam fitur-fitur teknologi terkini.

Hal itu diamini CEO Maxindo Moto-BMW Motorrad Indonesia, Joe Frans, yang menurutnya F 900 R didukung berbagai fitur berteknologi canggih, mesin berperforma tinggi dengan tingkat kenyamanan berkendara mumpuni.

Di pasar motor besar Tanah Air, motor ini bakal segera menyapa para rival terdekatnya mulai dari Yamaha MT-09, Kawasaki Z 900, sampai Ducati Monster 821.

“Secara segmen dijajaran lini produk BMW Motorrad yang telah kami rilis, F 900 R berada di antara BMW G 310 R dan S 1000 XR,” kata Joe, disela peluncuran di Jakarta, Jumat (17/7) lalu.

Berbasiskan F 850 GS
Bicara spesifikasi, Ardy Putra, Product Manager BMW Motorrad Indonesia memaparkan, jantung mekanis BMW F 900 R dilengkapi mesin berkubikasi 895 cc berpendingin cairan 2-silinder.

Konfigurasi itu menghasilkan tenaga 99 hp dengan torsi puncak 91 Nm direntang putaran mesin 4.500-8.500 rpm, yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6-percepatan.

“Mesinnya mengambil basis yang sama dengan F 850 GS, tapi kubikasinya dibesarkan menjadi 900 cc,” sambung Ardy.

Terkait fitur-fitur yang dipasangkan sebagai peranti standar meliputi panel instrumen full digital dengan sistem konektivitas BMW Motorrad Connectivity, seluruh pencahayaan dilengkapi LED, dan mode berkendara (Rain/Road).

Untuk mode berkendara, Riding Modes Pro menyajikan Rain, Road, Dynamic dan Dynamic Pro. Kelebihan mode Rain, mencegah ban belakang slip saat melintas di jalan licin dan akselerasi lebih santai. Fitur ABS dan ASC sebagai peranti standar.

Fitur lain penunjang kenyamanan berkendara adalah hadirinya fitur Dynamic Electronic Suspension Adjustment (ESA). Fitur ini memungkinkan penyetelah suspensi secara otomatis mengikuti kontur jalan.

Juga dipasangkan Gear Shift Assistant Pro yang memudahkan penggantian gigi, ditambah Dynamic Traction Control, serta kontrol rem dinamis (DBC). DBC akan mencegah roda belakang tergelincir dan mengontrol pengereman.

Satu fitur yang lazim ditemui pada mobil dan disematkan pada F 900 R yaitu Adaptive Cornering Headlight. Fitur mampu memberikan pencahayaan saat menikung pada bidang yang gelap.

Biar makin aman ketika berkendara malam hari, pengendara bisa lebih awas karena lampu utamanya sudah mengadopsi Adaptive Cornering Headlight. Saat berbelok, lampu pada sisi kanan atau kiri akan menyala lagi lebih menerangi medan jalan yang dilewati.

Fitur tersebut akan bekerja bila kecepatan minimal 10 km/jam dengan sudut kemiringan di atas 10 derajat. Di sini, yang bergerak adalah bagian reflektornya dan bukan mata lampu LED-nya.

Lanjut dimensinya, F 900 R memiliki panjang 2.140 mm, lebar 815 mm, dan tinggi 1.130 mm. Untuk tinggi jok ke tanah mencapai 815 mm, sementara tangki bensin berkapasitas 13 liter.

Tambahan portofolio BMW Motorrad Indonesia ini bisa didapatkan dalam waktu paling lama 2 bulan, dengan banderol Rp380 juta off the road.

Tiga warna pilihan tersedia yaitu Black storm metallic, Hockenheim silver metallic/Racing red, San Marino blue metallic. Untuk warna Racing red tersedia penutup jok belakang. [dp/MTH]