Quartararo Rebut Pole di MotoGP Spanyol, Geser Vinales | dapurpacu.id

Quartararo Rebut Pole di MotoGP Spanyol, Geser Vinales


DAPURPACU – Putaran pembuka ajang balap MotoGP di Circuito de Jerez – Angel Nieto, Spanyol, Sabtu (18/7), berhasil mengukuhkan Fabio Quartararo sebagai pemegang pole position.

Pencapaian ini merupakan pengulangan musim tahun sebelumnya bagi El Diablo, julukan Quartararo, di mana posisi teratas mampu diraihnya saat itu di sirkuit yang sama.

Tak hanya meraih posisi teratas, jalannya sesi kualifikasi pun berhasil dikuasainya, dengan gap waktu cukup jauh dari Maverick Vinales yang pada seri pertama ini mampu menumbangkan juara bertahan Marc Marquez.

Sejatinya, pebalap asal Perancis itu telah dijagokan untuk bisa memperoleh pole position di sirkuit itu. Hal itu sudah terlihat sejak berakhirnya sesi Q2, yang ditutup dengan terpecahnya rekor lap.

Jelang berakhirnya kualifikasi, Vinales sempat menjadi yang tercepat, namun gagal ketika Quartararo mengamankannya kembali dengan catatan waktu tercepat 1 menit 36,705 detik.

Memimpin di barisan kedua, Francesco Bagnaia melakukan pencapaian signifikan untuk menempatkan dirinya di posisi keempat bagi Pramac Ducati. Diikuti rekan setim, Jack Miller, start dari posisi kelima. Cal Crutchlow menutup barisan kedua pada urutan keenam.

Baca juga:  Brad Binder Sukses 'Asapi' Duet Yamaha di MotoGP Ceko

Mengisi hingga urutan ke-10, dihuni oleh Pol Espargaro, Andrea Dovizioso yang crash di akhir sesi, serta Franco Morbidelli. Valentino ‘The Doctor’ Rossi harus menerima nasib tergusur di posisi 11.

Sayangnya, sesi kualifikasi harus diisi dengan kecelakaan yang terjadi pada Jack Miller, Dovi dan Alex Rins.

Terparah adalah Rins yang harus diboyong ke Clinica Mobile dan kemudian dipindahkan ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut. [dp/MTH]