Kala Tuner Lokal Ternama Garap Gerobak Listrik | dapurpacu.id

Kala Tuner Lokal Ternama Garap Gerobak Listrik


DAPURPACU – Jelang penyelenggaraan Indonesia Modification Expo (IMX) 2020, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia punya ‘jurus’ jitu untuk membangkitkan lagi industri modifikasi di Tanah Air.

Dengan menggandeng National Modificator & Aftermarket Association (NMAA), Kemenperin akan memboyong Gerobak Listrik (Gelis) roda tiga untuk ‘diacak-acak’ di ajang ‘Gelis Tuner Competition’ oleh tiga modifikator ternama Indonesia.

Kompetisi ini sendiri merupakan salah satu aktivitas di IMX 2020, Oktober mendatang, yang didorong Kemenperin bersama PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsen Gelis yang diproduksi di Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.

Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, mengatakan ajang ini untuk memicu produktivitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan tetap mengikuti perkembangan zaman menggunakan kendaraan penunjang usaha yang ramah lingkungan, fungsional, dan terjangkau.

“Introduksi Gelis sekaligus akan menjadi media kreativitas bagi modifikator mewujudkan talentanya dan pengembangan komponen dan parts,” jelas Putu, disela temu media secara virtual, Jumat (17/7) lalu.

Baca juga:  Modifikasi Suzuki New Ignis ini Jadi Supergiveaway IMX 2020

Di ajang itu, NMAA yang dinakhodai Andre Mulayadi selaku NMAA founder sekaligus IMX Project Director, telah memilih tiga modifikator (tuner) yang bakal menggarap Gelis.

Gelis sendiri merupakan merek baru kendaraan niaga roda tiga bermesin listrik murni 100% di pasar kendaraan listrik Indonesia. Gelis telah resmi memperkenalkan diri sejak Juni 2020 lalu, dengan produksi awal 10 unit perhari.

Ketiga tuner itu adalah Marco Chendra; workshop cat merek Raptor dan builder kendaraan offroad, Yomin Sugianto; workshop spesialis lampu dan estetika eksterior Yoong Motor; dan Aldhy Rais, workshop spesialis velg dan lifestyle HSR.

Dengan bermodalkan Rp15 juta dari panitia IMX 2020, ketiganya diberikan kebebasan untuk menuangkan ide modifikasinya pada Gelis. Termasuk mengeluarkan kocek tambahan sendiri untuk memperindah tampilannya.

Andre menuturkan bahwa nantinya ‘pengunjung’ IMX 2020 yang digelarnya tahun ini secara online bakal mendapat suguhan menarik, dengan hadirnya ketiga Gelis Modifikasi itu.

Baca juga:  Modifikasi Suzuki New Ignis ini Jadi Supergiveaway IMX 2020

“Lewat kompetisi itu, secara tersirat memunculkan karakter industri modifikasi Tanah Air yang selalu berkolaborasi, sebagaimana kami selalu gaungkan di setiap gelaran IMX,” imbuh Andre.

Saat kemunculannya nanti, Gelis modifikasi dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Kemenperin, perwakilan SPI, Kemenhub, serta NMAA, sebelumnya IMX 2020 – Hybrid Event, 10 Oktober mendatang.

Adapun penilaian tim juri didasari apda unsur-unsur yang mendukung kewirausahaan, keselamatan dan keamanan untuk di jalan raya, dan tentu saja tampilannya. [dp/MTH]