Hei Bikers, Pahami ini Sebelum Berkendara di Era New Normal | dapurpacu.id

Hei Bikers, Pahami ini Sebelum Berkendara di Era New Normal


DAPURPACU – Penerapan masa PSBB transisi saat ini tetap menuntut masyarakat untuk menjaga kesehatannya di segala aktivitas. Pengendara pun baik roda empat maupun roda dua, diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Teruntuk bikers, adanya himbauan tersebut menjadi sebuah kebiasaan baru, mulai dari membawa dan menggunakan masker, hingga menjaga jarak saat di jalan.

Menurut Johannes Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), kondisi saat ini memang menuntut setiap pemilik kendaraan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di segala aktivitasnya.

“Saat ini, setiap orang harus membiasakan diri untuk beradaptasi, mulai dari mengecek suhu tubuh, menggunakan masker dan jaga jarak, yang digabung dengan riding atau disebut Safety & healthy riding,” jelas Lucky, disela temu media secara virtual, beberapa waktu lalu.

Lengkapi perlengkapan riding dengan tambahan masker dan hand sanitizer.

Lucky menambahkan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika sebelum berkendara atau pre riding pada saat ini. Pertama adalah dengan melihat sisi penting tidaknya untuk melakukan perjalanan menggunakan motor.

Baca juga:  Inilah 5 Pemenang Terbaik AHM Best Student 2020

Lalu, hal terpenting adalah mengecek kondisi tempat yang bakal dituju, apakah lokasi tersebut masuk zona merah atau hijau. Kemudian, cek kondisi kesehatan, apakah saat ingin bepergian fisik sedang sakit atau tidak.

“(Kondisi sehat) Ini yang paling penting. Jangan sampai kondisi badan yang kurang sehat atau fit, harus menempuh perjalanan, baik dekat maupun jauh,” imbuhnya.

Persiapkan juga perlengkapan berkendara yang ‘aman’. Dalam arti, selain menggunakan riding gear standar seperti helm, jaket, sarung tangan dan sepatu, tambahkan dalam tas Anda masker, hand sanitizer.

Tempatkan dalam satu wadah agar mudah saat ingin menggunakannya.

Untuk perlengkapan wajib, helm misalnya, usahakan gunakan model full face atau bila tidak ada, pastikan helm half face Anda sudah dilengkapi visor. Usahakan visor terus menutupi mukauntuk menghindari paparan langsung ke bagian wajah.

Terakhir adalah pilihlah rute yang diketahui tidak terpapar kemacetan parah, meski kondisi tersebut sebuah hal yang tidak mungkin bila Anda berkendara di Ibu kota Jakarta.

Baca juga:  Inilah 5 Pemenang Terbaik AHM Best Student 2020

“Pilih rute yang Anda ketahui tidak terlalu parah tingkat kemacetannya. Dengan begitu Anda secara langsung menerapkan jaga jarak sesama pengendara,” pungkasnya. [dp/MTH]