Pertama Kalinya, Isuzu Indonesia Gelar Kompetisi Secara Virtual | dapurpacu.id

Pertama Kalinya, Isuzu Indonesia Gelar Kompetisi Secara Virtual


DAPURPACU – Dalam rangka meningkatkan keahlian para garda terdepannya, Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) rutin menggelar ajang kompetisi antar after sales service-nya di seluruh Indonesia.

Dikemas dalam ajang Isuzu Skill Competition, ajang yang tahun ini memasuki kali ke 22 tersebut ditujukan untuk para pemain After Sales Service Isuzu di seluruh Indonesia.

Kompetisi ini pun dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat bengkel berlanjut ke seleksi tingkat dealer sampai ke tingkat nasional.

Adanya pandemi Covid-19, untuk kali pertama kompetisi di tahun ini digelar secara virtual bertajuk ‘Isuzu Skills e-Competition 2020’, pada 4-7 Agustus lalu.

Ernando Demily, President Director IAMI mengatakan, pandemi yang terjadi di Indonesia sejak awal tahun berdampak secara massive kepada penurunan di berbagi sektor, termasuk otomotif.

ajang Isuzu Skill Competition tahun ini dilaksanakan secara virtual.

“Hinggal Juli 2020, pasar otomotif mengalami penurunan sebesar 44,6% dibanding 2019. Penjualan Isuzu juga mengalami penurunan 29,6%, namun dari sisi after sales, penurunan relatif lebih rendah,” klaim Ernando.

Kompetisi ini dibagi menjadi beberapa kategori yaitu Mekanik, Partman, Workshop Head dan yang terbaru kompetisi untuk kategori Field Advisor.

Khusus untuk mekanik, pemenang tingkat nasional akan diseleksi kembali untuk menjadi wakil dari Indonesia untuk lanjut pada ajang kompetisi mekanik Isuzu tingkat dunia yaitu The Isuzu World Technical e-Competition (I-1 Grand Prix).

Menurut Benny Dwyanto, General Manager Service IAMI, ajang Isuzu World Technical e-Competition juga yang pertama kali diselenggarakan secara virtual oleh Isuzu Jepang.

“Kami berharap tetap menjaga kualitas manpower after sales service Isuzu yang handal, dan juga sebagai proses pembelajaran bersama untuk beradaptasi pada perubahan perilaku yang terjadi selama dan pasca Covid-19 ini,” imbuhnya.

Sebelum masa pandemi, kontes antar mekanik Isuzu dilakukan secara langsung.

Terkait terjadinya penurunan layanan purna jual yang tidak besar, Benny mengakui bahwa permintaan terhadap layanan ini tetap signifikan, dikarenakan existing truck tetap membutuhkan aftersales untuk beroperasi.

“Sehingga Isuzu tetap berkomitmen menjalankan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk peningkatan kualitas sumber daya kami, dan tentunya dengan mengadaptasi cara normal baru,” pungkasnya.

Dengan adanya perubahan mekanisme lomba, ada beberapa hal yang harus disesuaikan. Untuk materinya tidak mengalami perubahan seperti tahun-tahun sebelum, misalnya untuk kategori mekanik.

Mekanik akan dinilai dari kemampuannya memecahkan masalah kendaraan yang disebabkan karena engine management system dan problem teknik lainnya, yang terkait dengan karakteristik kendaraan Isuzu.

Lalu kemampuan melakukan perawatan kendaraan dan perbaikan secara teoritis. Semua itu dilakukan via ms team atau zoom, tidak langsung ke kendaraan tapi divisualisasikan. [dp/MTH]

DAFTAR PEMENANG
Workshop Head
1. Juara I Zirang Isuzu – Marksono
2. Juara II Astra Isuzu Jatim – Rusdi
3. Juara III Astra Isuzu Jabar – Fadli K
Field Advisor
1. Juara I – Astra Isuzu Jatim – Sunarya
2. Juara II – Dwijaya Isuzu – Sulaiman
3. Juara III – Borneo Isuzu IBT – Alwi Ahmad A
Partman
1. Juara I – ASCO Isuzu – Agus Priyanto
2. Astra Isuzu Jateng – Albert Putra
3. Astra Isuzu Jabar – Sahril Sidik
Mekanik
1. Astra Isuzu Jabar – Engkus Setiadi
2. Dwijaya Isuzu – Rakhmad Bastian
3. Borneo Isuzu IBT – Sidiq Susilo