Toyota Kijang Innova dan Fortuner Kena Recall 'Lagi' Gara-gara ini | dapurpacu.id

Toyota Kijang Innova dan Fortuner Kena Recall ‘Lagi’ Gara-gara ini


DAPURPACU – Masalah teknis kembali menimpa produk-produk Toyota yang dipasarkan di Indonesia. Adalah Kijang Innova dan Fortuner yang kali ini terindikasi masalah pada komponen selang remnya (brake vacuum hose).

Padahal, sebelumnya keduanya masuk dalam program perbaikan (recall) untuk masalah pompa bahan bakar (fuel pump) bersama Alphard, Corolla, dan FJ Cruiser dengan tahun produksi 2013-2019.

Untuk program ini, Toyota mencatat sebanyak 36.841 unit dari kelima model tersebut yang diklaim terindikasi masalah fuel pump dan harus segera di bengkel resmi Toyota guna dilakukan perbaikan secara gratis.

Sementara kasus recall ‘kedua’ bagi Kijang Innova dan Fortuner, khususnya untuk produksi Agustus 2019, Toyota mengimbau agar segera melakukan pengecekan.

Kijang Innova dan Fortuner untuk produksi Agustus 2019 teridentifikasi masalah pada selang rem.

Hal ini dikarenakan masalah yang ditimbulkan pada selang rem agak sulit untuk dideteksi sendiri, sementara pengereman merupakan komponen basic pada kendaraan yang sangat penting saat berkendara.

Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), hanya menyebut recall ini sejalan dengan inisiasi secara global Toyota Motor Corporation. Kebijakan ini diambil untuk memastikan keamanan dan keselamatan berkendara bagi para konsumen.

“Untuk itu, kami sangat anjurkan agar pemilik Kijang Innova dan Fortuner dengan produksi Agustus 2019 segera mengecek kendaraannya demi kenyamanan dan keselamatan berkendara,” ujar Henry secara tertulis.

Henry mengharapkan para pemilik Kijang Innova dan Fortuner yang dimaksud memberikan atensi besar pada recall kali ini, dan segera melakukan pengecekan kendaraan di bengkel resmi terdekat.

Pengerjaan pengecekan dan penggantian komponen yang bakal diganti berlangsung sekitar 2 jam, dan para pemilik mobil tidak akan dikenakan biaya sama sekali.

Pemilik mobil bisa memanfaatkan layanan Toyota Mobile Service, dengan melakukan booking service terlebih dahulu.

Himbauan ini juga akan disampaikan Toyota melalui surat resmi maupun saluran komunikasi seperti di situs resmi Toyota. Nantinya, seluruh jaringan resmi Toyota juga dilibatkan.

Pelanggan bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat, atau mengontak Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telpon 1-500-315. Selain itu, pelanggan dapat juga melakukan pengecekan dengan mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc lalu memasukkan nomor rangka kendaraan.

Selama masa pandemi virus Corona (Covid-19), pemeriksaan kendaraan dapat dilakukan melalui beberapa metode dengan tetap memperhatikan kondisi dan mengikuti protokol yang berlaku di setiap daerah.

Selain di bengkel resmi, pemilik Kijang Innova maupun Fortuner produksi Agustus 2019 dapat pula memanfaatkan layanan Toyota Mobile Service, dengan melakukan booking service terlebih dahulu. [dp/MTH]