Yuk Simak Ragam Agenda Acara di IMX 2020 | dapurpacu.id

Yuk Simak Ragam Agenda Acara di IMX 2020

Suasana perhelatan IMX 2018, disesaki para pecinta modifikasi.

DAPURPACU – Pameran ‘hybrid’ Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 tinggal menghitung hari. Pihak panitia mengklaim persiapan pameran telah mencapai lebih dari 90 persen.

Sebagai informasi, di kali ketiga penyelenggaraan ajang unjuk modifikator dan para pelaku industri terkait bakal digelar berbeda, di mana tidak lagi secara offline.

Meski begitu, calon ‘pengunjung’ tetap diberlakukan membeli tiket agar nantinya diberikan akses seluas-luasnya untuk melihat secara langsung ragam modifikasi mobil dan sepeda motor, serta berbagai komponen aftermarket peserta pameran.

Andre Mulyadi, IMX Project Director menuturkan bahwa konsep virtual pameran tahun ini hanya memindahkan pengunjung saja, tapi tetap ada acara dan juga peluncuran mobil-mobil modifikasi ciamik.

“Karena digarap secara virtual, IMX 2020 akan menyajikan konten dan visual acara menarik, yang digelar hanya dalam durasi 4 jam, yaitu mulai pukul 13:00-17:00 WIB,” ujar Andre.

Suzuki Ignis yang telah dimodif garapan Garasi Drift berkonsep JDM ini merupakan hadiah Supergiveaway di IMX 2020.

Dia menambahkan, selain produk-produk aftermarket terbaru, jasa modifikasi, kemunculan mobil-mobil modifikasi terbaik di Indonesia, serta Giveaway dan Supergiveaway, para pengunjung/penonton juga bisa menyaksikan tata panggung, digital imaging, sampai multimedia show spektakuler di IMX 2020 ini.

Andre menuturkan pihaknya telah menyiapkan lebih banyak tiket yang bisa dibeli secara daring (online) melalui www.imx2020.net hingga 9 Oktober nanti.

Baca juga:  Suzuki Tantang Netizen Modifikasi XL7 dan GSX-150

Setelah memiliki tiket, secara otomatis akan mendapatkan tautan/link unik yang bisa dipakai untuk menonton gelaran IMX 2020 dari mana saja melalui gawai (gadget) yang dimiliki.

Di sisi lain, Putu Juli Ardika selaku Staf Ahli Menteri Bidang Pendalaman, Penguatan dan Penyebaran Industri Kementerian Perindustrian RI menuturkan bahwa pihaknya akan terus mendukung pertumbuhan industri modifikasi di Indonesia.

Sebab menurutnya, industri modifikasi merupakan bagian dari industri kendaraan bermotor yang memiliki potensi menjadi pemain di pasar global.

“Karena mampu meningkatkan kreativitas, inovasi dan nilai tambah serta memacu berkembangnya pelaku usaha komponen kendaraan yang berbasis sumber daya lokal, terutama yang berskala industri kecil menengah,” ucap Putu.

Lalu, item acara menarik apa saja yang bakal dipertontonkan? Mulai dari Live Modz 2020. Pertarungan kreativitas modifikasi 3 YouTuber otomotif (Ridwan Hanif Rahmadi, Fitra Eri, dan MotoMobi) dalam memodifikasi kendaraan eks taksi dan banjir.

Ketiga mobil akan dinilai oleh dewan juri yang di antaranya terdiri dari Bambang Soesatyo (Ketua MPR RI), dan Andre Taulany (entertainer), dan pemenangnya akan diumumkan di IMX 2020.

Kemudian Gelis Tuner Competition, kontes adu kreativitas modifikator dalam mengubah fungsi dan gaya Gerobak Listrik (Gelis). Kompetisi ini diikuti Raptor Indonesia, Yoong Motor Indonesia, serta HSR Wheels yang hasil karya modifkasinya akan dinilai serta diumumkan pemenangnya pada IMX 2020.

Baca juga:  Suzuki Tantang Netizen Modifikasi XL7 dan GSX-150

Selanjutnya adalah AMMDes Digimodz. Kompetisi digital modification Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes), yang diinisiasi Kementerian Perindustrian dan PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI).

Kompetisi ini telah mengurasi ratusan karya dari berbagai daerah di Indonesia. Pada IMX 2020 nanti akan diumumkan siapa pemenang utama yang akan mendapatkan piala Menteri Perindustrian RI.

Bersamaan dengan itu, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia bersama para modifikator yang tergabung dalam National Modificator & Aftermaket Association (NMAA) telah menyusun Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI).

Rancangan tersebut sebagai standarisasi kerja modifikator Tanah Air. Tahun ini, rencananya RSKKNI akan disahkan menjadi standarisasi baku yang bisa digunakan para pelaku modifikasi.

Paling istimewa adalah IMX 2020 bakal dijadikan momentum bagi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk meluncurkan model eksklusif, dengan sentuhan modifikasi di beberapa bagian, baik dari eksterior maupun sisi interiornya.

Tak hanya itu, KARMA Bodykit juga bakal merilis hasil karya asli Indonesia untuk model sportcar menengah lansiran Eropa. Komponen teranyar ini menjadi model ketiga, setelah sebelumnya membuat untuk Toyota 86 dan Lamborghini Aventador.

Baca juga:  Suzuki Tantang Netizen Modifikasi XL7 dan GSX-150
Suzuki bakal merilis model eksklusif di IMX 2020, yang hanya dijual terbatas.

Musa Tjahjono X Pengepul Mobil. Head of Designer rumah modifikasi West Coast Customs, Musa Tjahjono akan berkolaborasi dengan seorang konseptor modifikasi Pengepul Mobil membuat bodykit eksklusif yang akan diproduksi secara eksklusif dan dipasarkan di Amerika Serikat serta Indonesia.

Tak kalah menarik, Nissan Indonesia bakal berkolaborasi dengan akun Instagram motivator @bapak2id dalam memodifikasi mobil.

Selain itu, beberapa produk aftermarket akan meluncurkan lini terbarunya secara eksklusif di IMX Digital Market pada Shopee Indonesia.

Mereka yaitu velg DnZ Wheels, produk wax cat mobil hitam Turtle Wax, velg HSR, velg Lenso, pin otomotif dan merchandise Garasi Drift, lampu LED Autovision, cat anti gores Raptor, lampu LED dan DRL Yoong Motor, jenis car cover dari BitelBlack, velg Torsion, dan air suspension Airlux Air Suspension.

Merek-merek aftermarket di atas juga akan memberikan potongan harga, dengan melakukan transaksi di platform e-commerce tersebut pada 10-11 Oktober nanti.

Tak kalah penting, IMX 2020 juga memberikan Giveaway dan Supergiveaway kepada pengunjung beruntung, yang akan diundi sepanjang acara mulai pukul 13:00-17:00 WIB secara virtual. [dp/MTH]