Mengemudi Ketika Hujan, Bodi Rusak Rentan Karat Loh! | dapurpacu.id

Mengemudi Ketika Hujan, Bodi Rusak Rentan Karat Loh!


DAPURPACU – Hujan terus mengguyur bumi dalam kurun waktu beberapa hari ini. Bagi Anda pemilik mobil, persiapan kondisi kendaraan tidak lantas menjadi fokus utamanya.

Persiapan fisik agar tetap terjaga dan fokus juga tak luput untuk diperhatikan. Alasannya, karena kondisi jalan yang licin serta menurunnya performa mobil dan daya pandang pengemudi.

Bukan tidak mungkin saat berkendara di tengah kondisi hujan deras, bahaya besar bakal mengancam. Langkah antisipasi pun harus dilakukan sedini mungkin.

“Masuk musim hujan, AutoFamily harus mempersiapkan diri agar bisa mengemudi dengan aman dan nyaman,” ujar Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000.

Untuk itu, berikut merupakan poin-poin penting kala menghadapi situasi tersebut, guna menghindari masalah yang bakal terjadi kemudian.

1. Kurangi Kecepatan
Segera kurangi kecepatan mobil saat melalui kawasan yang sedang turun hujan. Dengan begitu, Anda memiliki kontrol lebih baik atas mobil di tengah kondisi jalan yang sulit dipantau.

Ban dan sistem pengereman juga memiliki peran sangat penting dalam menjaga laju mobil. Mudahnya, kecepatan mobil dikurangi sekitar 20-30 km/jam, atau sekitar 20% dari kecepatan normal.

Baca juga:  Kemudahan Bertransaksi, Auto2000 Manfaatkan e-Wallet

2. Fokus dan Waspada
Berkurangnya daya pandang dan performa mobil di waktu hujan membuat Anda harus menaikkan fokus berkendara dan lebih waspada pada kondisi sekitar. Hati-hati dalam manuver, gerakkan kemudi dengan halus dan tidak menginjak pedal gas terlalu dalam.

Kendalikan mobil supaya selalu berada di jalur yang tepat dan tidak mengganggu pengguna jalan lain. Waspada genangan air, termasuk potensi banjir dan jaga emosi bila ada pengguna jalan lain berlaku seenaknya.

3. Jaga Jarak Aman
Banyak pengguna jalan kesulitan untuk memperkirakan jarak mobil yang dikendarai dengan mobil di depannya saat hujan deras. Untuk itu Anda wajib menyisihkan jarak yang cukup dengan kendaraan di depan, terutama di jalan tol.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika pengguna jalan lain di depan mengerem kendaraannya secara mendadak. Pun ditambah menurunnya kondisi ban dan rem akibat harus bekerja di jalan licin yang membuat jarak pengereman kian jauh dan mobil sulit dikendalikan.

4. Perhatikan Kinerja Rem dan Ban Mobil
Sangat tidak disarankan melakukan pengereman mendadak di tengah jalan yang licin karena adanya risiko mobil tergelincir. Kurangi laju mobil secara bertahap dan cermat saat hujan, terutama saat kecepatan tinggi di jalan tol.

Baca juga:  Kemudahan Bertransaksi, Auto2000 Manfaatkan e-Wallet

Anda harus memastikan kinerja rem selalu optimal dengan menjalankan servis berkala, sekaligus memeriksa kondisi ban yang sama pentingnya untuk menjaga mobil tidak kehilangan arah saat melalui jalan licin.

Sinergi antara sistem pengereman dan ban dapat memastikan Anda merasa tenang waktu mengemudi pada kondisi hujan deras sekalipun.

5. Pastikan Fitur Bekerja dengan Baik
Sejatinya tidak hanya ban dan rem yang harus dipastikan berfungsi optimal ketika hujan turun. Fitur atau perangkat lain yang harus diperhatikan adalah wiper, lampu, AC, hingga aki mobil.

Begitu ada satu saja perangkat yang bermasalah, diyakini Anda tidak bisa mengemudi dengan aman dan nyaman. Contoh, wiper yang tidak layak pakai sehingga justru mengganggu pandangan atau AC yang tidak dingin sehingga timbul embun.

Usahakan semua fitur berfungsi baik saat menyetir di kondisi hujan.

Jalan terbaik untuk memastikannya adalah dengan menjalankan servis berkala. Bila Anda pemilik mobil Toyota, bisa mendatangi bengkel resmi Auto2000, atau mengorder layanan THS – Auto2000 Home Service.

6. Perbaiki Bodi Mobil
Genangan air cukup rentan membuat bodi mobil yang rusak memunculkan karat. Terlebih bila Anda jarang untuk langsung membilas sesampainya di rumah atau mencuci keesokan harinya.

Baca juga:  Kemudahan Bertransaksi, Auto2000 Manfaatkan e-Wallet

Di musim hujan yang lembab ini, risiko karat tumbuh bisa lebih besar. Oleh karena itu, segera perbaiki bodi mobil yang penyok atau lecet ke bengkel kepercayaan Anda.

Di Auto2000 tersedia fasilitas Body & Paint Auto2000, di mana untuk kerusakan ringan dapat memanfaatkan Express Bodi & Paint yang sanggup melakukan perbaikan hanya dalam waktu 7 jam sejak mobil masuk ke workshop.

Spesial bagi AutoFamily, Auto2000 menawarkan Program Kilau Sempurna Toyotaku berupa diskon jasa perbaikan bodi mobil senilai Rp300.000. Syarat, transaksi minimal Rp1,5 juta untuk non asuransi dan Rp3,5 juta untuk pengguna asuransi.

Masih ditambah diskon 5% untuk 100 item lebih spare parts pilihan dan ada pembayaran menggunakan cicilan 0% di Auto2000 Digiroom. Detail promo ada di link ini.

“Program ini digelar untuk setiap perbaikan bodi mobil di fasilitas Body & Paint Auto2000. Segera booking di website Auto2000.co.id,” pungkas Ricky. [dp/MTH]