Cegah Banjir, FIFGroup Bantu Bangun Sumur Resapan di Lebak Bulus | dapurpacu.id

Cegah Banjir, FIFGroup Bantu Bangun Sumur Resapan di Lebak Bulus


DAPURPACU – PT Federal International Finance (FIFGroup) mendukung pembangunan sumur resapan di Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (3/11) lalu.

Adanya aksi sosial ini sebagai daerah percontohan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan, menjadi langkah antisipasi penanggulangan banjir.

Sumur resapan adalah salah satu rekayasa teknik konservasi air berupa bangunan yang dibuat sehingga menyerupai bentuk sumur gali dengan kedalaman tertentu. Fungsinya sebagai tempat menampung air hujan dan meresapkannya ke dalam tanah.

Chief of Corporate Communication and Corporate Social Responsibilty FIFGroup, Yulian Warman mengatakan, sumur resapan adalah salah satu unsur yang penting dalam pengendalian banjir.

“Dibutuhkan kerja sama dan sinergi untuk menjaga dan merawat sumur resapan ini, agar perilaku hidup sehat di tengah masyarakat dapat terwujud,” tambah Yulian.

Pembangunan sumur resapan ini dilaksanakan di Masjid Jami Darun Ni’mah, Kelurahan Lebak Bulus dan ditandai peletakan batu pertama yang dihadiri Camat Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan, Mundari.

“Saya berharap program ini bermanfaat bagi masyarakat yang berada di sekitar Masjid Jami Darun Ni’mah Cilandak. Diharapkan masyarakat dapat menjaga keberlangsungan program ini,” ujar Mundari.

Aksi ini sendiri masuk dalam salah satu program CSR FIFGroup pilar, yaitu Pilar Lingkungan Hidup. Pada penerapannya, FIFGroup terus mendorong program penanaman pohon di seluruh cabang yang tersebar di Indonesia.

Pada 2019, jumlah pohon yang ditanam mencapai 4.555 batang. Tahun ini, meski kondisi pandemi, FIFGroup tetap melakukan penanaman sebanyak 1.240 pohon sampai dengan September 2020.

Yulian mengungkapkan program penanaman pohon merupakan salah satu solusi untuk memperbaiki iklim udara disamping pengendalian banjir.

“Oleh sebab itu, kami tetap concern dengan program ini minimal apa yang bisa kami lakukan, contohnya bermitra dengan Kelurahan dan Kecamatan,” pungkasnya. [dp/MTH]