Berkat Terobosan ini, KTB Tetap Dekat ke Konsumen | dapurpacu.id

Berkat Terobosan ini, KTB Tetap Dekat ke Konsumen


DAPURPACU – Bukti ‘bakti’ Mitsubishi Fuso pada para konsumennya terbilang sedikit terhambat dengan adanya pandemi Covid-19, yang melanda Indonesia sejak Maret 2020.

Padahal, bukti kepedulian kendaraan niaga berlambang tiga berlian pemegang pangsa pasar terbesar ini tengah memasuki setengah abad di Tanah Air.

Tapi kondisi ini tidak lantas membuat PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), sebagai distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), justru mengendurkan komitmennya untuk tetap memberikan layanan terbaik kepada pemilik Mitsubishi Fuso di Tanah Air.

Ragam terobosan dan inovasi coba digulirkan demi memuaskan konsumen, terlebih di masa pandemik ini. Ranah digital pun dipilih sebagai penerapan imbauan dari Pemerintah untuk menjaga jarak, demi alasan kenyamanan dan kesehatan.

Sejatinya, ‘area’ tersebut sudah dijajaki oleh KTB melalui website resmi mereka di https://ktbfuso.co.id/. Melalui website itu, konsumen dapat ‘berhubungan langsung’ dengan seluruh jaringan resmi Mitsubishi Fuso di Indonesia.

Di sisi lain, pada website tersebut konsumen dapat melihat langsung beragam program dan promo menarik yang digelontorkan oleh KTB melalui ‘kaki-kakinya’.

Untuk terobosan terkini adalah dengan masuknya Mitsubishi Fuso di ranah platform marketplace, yang merupakan langkah inovatif untuk pertama kalinya sepanjang 49 tahun eksistensinya di Indonesia.

Dibuktikan dengan diresmikannya Mitsubishi Fuso Official Store di Tokopedia, di mana melalui platform ini masyarakat maupun konsumen dapat melakukan transaksi pembelian beragam unit Fuso.

Duljatmono, Direktur Sales & Marketing KTB menuturkan bahwa kerja sama antara Mitsubishi Fuso dan platform marketplace itu berawal dari komitmen KTB untuk senantiasa hadir dalam memberikan kemudahan layanan kepada konsumen.

“Terlebih lagi dengan keterbatasan ruang gerak masyarakat akibat pandemi ini mengharuskan kami beradaptasi dengan kebutuhan konsumen untuk melakukan transaksi jarak jauh,” tutur Duljatmono, disela peluncuran secara virtual.

Ragam promo menarik membuat pemilik truk Fuso tertarik untuk bertransaksi secara online.

Untuk ‘showroom’ resmi ini sendiri didukung oleh 22 dealer Mitsubishi Fuso yang berada di delapan wilayah. Kerja sama dengan dealer-dealer ini diyakini memudahkan konsumen melakukan transaksi berdasarkan domisili mereka.

Adapun keberadaan dari dealer-dealer itu diantaranya Sumatera bagian Utara, Sumatera bagian Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur (termasuk Bali & NTB), Kalimantan dan Indonesia bagian Timur.

Suci Sitoresmi, Public Relations & CSR Department KTB mengatakan bahwa langkah ini sebagai adaptasi terhadap adopsi digital yang semakin cepat. Terlebih saat pandemi terjadi, semua kegiatan dipaksa untuk beralih ke online, karena keterbatasan ruang gerak seluruh masyarakat.

“Ini kami lakukan agar tetap dapat melayani pelanggan. Untuk itu kami memyediakan transaksi online melalui marketplace untuk memudahkan pelanggan,” imbuhnya kemudian.

Ketersediaan Suku Cadang di Marketplace
Terobosan lainnya dibuktikan dengan ‘dioperasikannya’ store tersebut untuk penyediaan suku cadang resmi Mitsubishi Fuso, termasuk paket penjualan servis.

Disebutkan, perlahan tapi pasti KTB bakal melengkapi seluruh pelayanan kepada para konsumennya melalui marketplace tersebut. Tujuannya, pelanggan dapat melakukan transaksi pembelian produk hingga purna jual secara online dengan mudah dan cepat.

Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat tidak lagi bertransaksi tatap muka.

“Respon sangat baik, pelanggan sangat terbantu karena prosesnya cepat, mudah, dan terpercaya. Ditambah lagi, banyak promo menarik yang hanya bisa didapat jika transaksi online,” tambah Suci.

Dia mengakui dalam kurun waktu lima tahun ke belakang, banyak orang beranggapan atau bahkan berpikir buat apa menjual kendaraan melalui online. Didasari kondisi pandemi inilah, KTB berinisiatif untuk ‘banting setir’ dalam meniagakan Mitsubishi Fuso lewat Tokopedia.

Fitur chat messenger pun dijadikan sebagai media penghubung untuk memudahkan para pelanggan dalam bertransaksi. Adanya official store tersebut banyak konsumen Fuso yang tertarik untuk bertransaksi di sana.

“Sebab, mereka disuguhkan berbagai program penjualan menarik dan menggiurkan, yang tentunya menguntungkan dari segi bisnis mereka,” ujar Suci, saat dihubungi Dapurpacu.id beberapa waktu lalu.

“Kami perkuat komunikasi melalui media sosial, juga kerap mengadakan customer gathering online melalui zoom. Dealer kami juga siaga melayani melalui telepon dan WA,” tutup Suci. [dp/MTH]