Dua Pabrik Pelumas Pertamina Lubricants Raih Predikat Pabrik terbaik | dapurpacu.id

Dua Pabrik Pelumas Pertamina Lubricants Raih Predikat Pabrik terbaik


DAPURPACU – PT Pertamina Lubricants kembali didapuk sebagai perusahaan terbaik dalam bidang lingkungan hidup dan tanggung jawab sosial oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan Predikat Hijau dalam program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) itu diraih melalui dua pabrik pelumasnya, yakni Production Unit Cilacap (PUC) dan Production Unit Gresik (PUG), Senin (14/12) lalu.

Bagi PUC, penghargaan PROPER Hijau tersebut menjadi yang ke-9 tahun secara berturut-turut diraihnya, sementara untuk PUG merupakan yang ke 4 tahun berturut-turut.

Corporate Secretary Pertamina Lubricants, Iwan Ridwan Faizal mengatakan, kedua pabriknya itu berkomitmen tinggi pada pengelolaan lingkungan dan sosial.

”Selain melakukan inovasi-inovasi baru dalam penerapan sistem manajemen lingkungan yang terintegrasi dalam proses produksi, PUC dan PUG terus tumbuh bersama masyarakat melalui program-program CSR,” tambahnya.

Adapun rangkaian program CSR itu bertujuan untuk melestarikan lingkungan, memajukan dunia pendidikan, membangun kemandirian ekonomi masyarakat dan menekan penyebaran Covid-19.

Pertamina Lubricants bangun perpustakaan bersama warga dan dukung UMKM Kampung Markisa di Gresik.

Di tahun ini, PUC melahirkan program Pertamina Sahabat Nelayan dengan meluncurkan bengkel mesin kapal dan juga melakukan pelatihan, pendampingan organisasi, edukasi literasi, dan edukasi mekanik bagi nelayan Tambakreja.

Program ini tidak hanya meningkatkan keterampilan para nelayan setempat, tetapi juga turut membangun kemandirian para nelayan dalam pengelolaan bengkel dan sebagai mekanik mesin yang handal.

Selain itu, PUC juga meluncurkan aplikasi digital ‘Enduro Home Service’, sebuah platform belajar dan berwirausaha bagi siswa SMK yang terlibat dalam program CSR Enduro Home Service.

Aplikasi ini merupakan jawaban akan tantangan pembelajaran kewirausahaan perbengkelan secara online di tengah pandemik yang masih berlangsung di Indonesia.

Di sini, para siswa dapat berinteraksi dan belajar secara virtual dengan guru, instruktur dan mekanik bengkel mitra Pertamina Lubricants, melakukan pendataan pemesanan produk dan layanan, jumlah konsumen dan transaksi pelayanan home service, sekaligus memesan pelumas sesuai kebutuhan.

Sedangkan PUG terus berkomitmen menjaga kesinambungan lingkungan dengan program pemberdayaan masyarakat, melalui Kampung Markisa bersama kader lingkungan setempat yang pemanfaatan lahan sempit area perkotaan di Kelurahan Sukorame, Gresik.

Tak hanya itu, bersama Karang Taruna RW 7 Kelurahan Sidokumpul, PUG mengembangkan program yang mampu menggabungkan budaya ‘ngopi’ dengan isu beat pollution dan sampah melalui program “Ngopi Bayar Pakai Sampah” dan “Sampah Tukar Oli”.

Di 2020, program ini berhasil menyumbang jumlah pengurangan sampah ke TPS sebesar 699 kg sampah kering, atau 0,082 persen dari jumlah sampah keseluruhan di wilayah itu.

“Selama masa pandemi, PUC dan PUG terus melakukan kegiatan penanggulangan pandemik, seperti pemberian bantuan APD, alat kesehatan, disinfektan, bantuan sosial, bantuan wastafel cuci tangan yang dibuat dari drum bekas Non-B3,” tutup Iwan. [dp/MTH]