Karir Cemerlang, Yuki Tsunoda Diboyong Tim Scuderia AlphaTauri | dapurpacu.id

Karir Cemerlang, Yuki Tsunoda Diboyong Tim Scuderia AlphaTauri


DAPURPACU – Honda merekrut Yuki Tsunoda untuk memulai karir balapnya di ajang Formula One (F1), bersama tim Scuderia AlphaTauri untuk musim 2021 mendatang.

Pebalap berusia 20 tahun asal Kanagawa ini juga menjadi pebalap Jepang pertama yang akan melakoni balap jet darat tersebut, setelah Kamui Kobayashi di 2014.

Yuki juga menjadi pebalap Jepang pertama yang didukung Honda setelah Takuma Sato, yang berkompetisi di F1 dari 2002 hingga 2008. Yuki sendiri merupakan anggota Red Bull Junior Team.

“Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan baginya dan pembuktian atas semua upaya yang dilakukan Honda dalam program pebalap mudanya,” kata Takahiro Hachigo, President, Representative Director and CEO Honda Motor Co., Ltd.

“Kami bangga dengan apa yang telah kami capai bersama sejauh ini dan berharap untuk mengikutinya di tahap selanjutnya menjadi pebalap tercepat di dunia. Kami tahu tidak akan mudah bersaing di puncak motorsport, tetapi kami percaya pada kemampuannya,” imbuhnya.

Baca juga:  Honda Kembangkan Perangkat Navigasi Buat Penyandang Tunanetra

Pada 2010, pria kelahiran Sagamihara ini masuk tim Carlin di kejuaraan FIA Formula 2 (F2), yang dianggap sebagai seri feeder utama sebelum menuju Formula 1. Selain itu dia juga merupakan test driver Scuderia AlphaTauri.

Sepanjang karirnya di sini (F2), Yuki berhasil meraih tiga kemenangan, tujuh kali naik podium serta 4 kali menempati pole. Sebuah pencapaian cemerlang dari pebalap muda itu.

Ia mengakhiri musim balap 2020 di posisi ketiga klasemen pebalap, sekaligus memastikan memiliki cukup poin untuk mendapatkan lisensi super untuk mengisi satu lineup di ajang balap F1.

Sebelumnya, Yuki sudah menyelesaikan sesi tes di sirkuit Imola pada November lalu, dengan mobil spek tahun 2018. Dia pun telah menuntaskan sesi Young Driver Test di Abu Dhabi, dengan mobil spek AlphaTauri tahun 2020.

Team Principal of Scuderia AlphaTauri Honda, Franz Tost mengakui, Red Bull telah mengikuti seluruh karir Yuki di balap mobil. Dan Tost meyakini Yuki akan menjadi aset yang baik bagi tim besutannya.

Baca juga:  Cara Honda dan Rakunten Minimalisir Kontak Fisik Kirim Barang

“Menyaksikannya di balap F2 tahun ini, dia telah menunjukkan perpaduan yang tepat antara agresi balapan dan pemahaman teknis yang baik. selama tes di Imola, waktu putaran Yuki sangat konsisten selama simulasi balapan,” tuturnya.

Menurutnya, Yuki terus berkembang sepanjang hari dan memberikan umpan balik yang positif kepada seluruh teknisi Scuderia AlphaTauri Honda.

“Selain itu, integrasinya dengan para insinyur Honda berjalan mulus, yang tentunya sangat membantu. Pada tes di Abu Dhabi dia terbukti sebagai pengendara yang belajar dengan cepat dan siap melangkah ke Formula 1,” tegasnya.

Yuki pun mengaku senang dengan diumumkan dirinya masuk dalam skuad tim terbaik itu. Sebab, ini merupakan impian terbesarnya untuk bisa berkarir di balap F1.

“Saya akan membawa harapan banyak bagi penggemar balap F1 di Jepang tahun depan dan saya akan melakukan yang terbaik untuk mereka,” pungkas Yuki. [dp/MTH]