Elbike, Inovasi Motor Listrik Hasil Karya Elnusa

DAPURPACU – Program Corporate Innovation AGNI PT Elnusa Tbk berhasil menelurkan beberapa prototipe sepeda motor listrik. Diperkenalkan dengan nama Elbike, showcase internal telah dilakukan di Graha Elnusa.

Program ini sendiri diharapkan mampu mengakselerasi inovasi dan menumbuhkan budaya, serta mengelola inovasi di lingkungan Elnusa dengan cara baru dalam mengembangkan bisnis.

Disebutkan bahwa cara itu kini mulai menunjukkan kemampuannya menjadi akselerator yang handal melalui pendirian rintisan (start up) yang mulai diluncurkan.

Setahun berjalan, program AGNI sudah menelurkan empat produk dari 13 tim yang dijaring melalui dua batch dan tim tersebut disebut Agniers. Meski demikian, produk itu berbeda dengan lini bisnis Elnusa sebagai perusahaan layanan di bidang energi.

Kembali ke showcase, pada momen itu tidak hanya menampilkan prototype produk namun juga untuk menggali feedback dalam melakukan pengembangan produk tersebut.

Direktur Pengembangan Usaha & Operasi Elnusa, Arief Riyanto mengatakan pihaknya mengapresiasi para Agniers berhasil membuat sepeda motor listrik yang menarik.

Baca juga:  AHM dan Wahana Makmur Sejati Edukasi Teknologi Honda EM1 e: ke 56 SMK

“Tak hanya dari tampilan, juga nantinya harga jual dan layanan yang ditawarkan harus menarik agar bisa kompetitif dengan yang ada di market saat ini,” ujar Arief, dalam siaran resmi, Senin (11/1).

Dia pun berharap nantinya produk-produk ini dapat dibuat menjadi tiga versi berdasarkan output tenaga yang dihasilkan agar sesuai dengan kegunaan dan juga harganya.

Tim Elbike dibentuk oleh tiga pemuda pekerja Elnusa, yaitu Fachrul Muttaqien, M. Reza Falevi dan M. Dhea Titis G. Ada alasan khusus tim inin merancang motor listrik.

Alasannya yaitu masih sedikitnya penyediaan jasa konversi motor listrik, serta masih kurangnya varian motor listrik buatan lokal berdesain menarik, membuat Elbike melihatnya sebagai peluang.

Elbike mengembangkan produk berupa layanan konversi dan modifikasi motor listrik, baik berupa kit maupun produk akhir sepeda motor listrik.

Kelak para pengguna sepeda motor konvensional yang ingin mengkonversi menjadi sepeda motor listrik, dapat menggunakan jasa Elbike melalui platform digital untuk desain serta pemesanan yang telah disediakan.

Baca juga:  AHM dan Wahana Makmur Sejati Edukasi Teknologi Honda EM1 e: ke 56 SMK

Elbike memiliki beberapa desain produk motor listrik yang berbeda di tiap modelnya. Andalannya adalah ECR-3000 ‘Bima Enduro’, Supermoto Traill Bike yang dapat dipacu hingga 100 km per jam.

Ada juga ECR-1000 ‘Classic’ yang terinspirasi Harley Davidson Twin Model 10F tahun 1914 dan juga ECR-500 ‘Gorilla’ yang terinspirasi Honda Z50 ‘Monkey’.

“Bagus motornya, dari sisi frame, center of gravity, respons dan pengendalian, sudah setara sepeda motor listrik pabrikan besar,” tutup VP Oilfield Services ELNUSA, Rony Hartanto. [dp/MTH]

Previous articleCairan ini Bikin Kaca Depan Mobil Layaknya Daun Talas
Next articleSuzuki Maruti Siapkan ‘Amunisi’ Penantang Nissan Magnite