Suzuki Maruti Siapkan 'Amunisi' Penantang Nissan Magnite | dapurpacu.id

Suzuki Maruti Siapkan ‘Amunisi’ Penantang Nissan Magnite

Maruti Suzuki tengah mengembangkan model baru yang akan mengisi slot kosong di bawah Vitara Brezza.

DAPURPACU – Platform Heartect yang dipasangkan pada lini model Suzuki lansiran terkini diklaim mampu menghadirkan beragam produk crossover atau bahkan SUV sub-segment.

Atas dasar ini, Maruti Suzuki India Limited (MSIL) dikabarkan tengah mengembangkan model dengan dimensi panjang empat meter berbasiskan Baleno hatchback. Kelak mobil ini diposisikan tepat di bawah Vitara Brezza.

Dengan kode nama internal YTB, kemungkinan besar calon model terbaru Suzuki di India tersebut berdesain crossover berukuran kecil atau bahkan coupe.

Dapat dikatakan juga model terbaru Suzuki tersebut bakal mengiringi pengembangan produk SUV berukuran menengah, berkolaborasi dengan Toyota yang saat ini tengah dalam pengerjaan.

Sebagai informasi, Baleno yang sedang beredar saat ini berbasiskan platform Heartect, yang juga menopang sejumlah model terbaru dari Maruti Suzuki seperti Wagon R, S-Presso, Ertiga, XL6 dan Ignis.

Memanfaatkan rancang bangun serupa ini lah tentu mampu meminimalisir biaya pengembangan. Untuk SUV sub berukuran 4 meter telah dipasarkan di India. Model ini diklaim terus mendulang penjualan positif selama kurun waktu empat tahun ini.

Meski demikian, di pasar ini Vitara Brezza mendapat tekanan yang meningkat dari pendatang baru-baru ini seperti Kia Sonet maupun Hyundai Venue, dengan fitur-fitur yang diunggulkan.

Selain itu, rezim BSVI menyebabkan Vitara Brezza memiliki kerugian yang pasti karena hanya dijual dengan mesin bensin, sementara duo Korea ini menawarkan jangkauan yang luas yakni bensin 1.2 liter, diesel 1.5 liter dan mesin bensin turbo 1.0 liter.

Bicara soal produk baru, disebutkan bahwa model ini digadang-gadang sebagai ‘sister car’ dari Baleno, yang kemungkinan besar memiliki beberapa kesamaan dengan hatchback dan berharap akan ditempatkan di bawah Vitara Brezza.

Saat ini, pabrikan Indo-Jepang itu telah meniagakan S-Presso sebagai SUV terkecilnya, dengan begitu bisa dikatakan model YTB ini dapat mengisi ruang kosong di bawah Vitara Brezza yang berbasiskan platform C Global.

Kelak model baru ini ditargetkan dapat menempati posisi pasar yang sama seperti Nissan Magnite yang baru saja diluncurkan di India. [dp/MTH]