Pemain Kendaraan Listrik Taiwan Siap Ramaikan Pasar Indonesia | dapurpacu.id

Pemain Kendaraan Listrik Taiwan Siap Ramaikan Pasar Indonesia


DAPURPACU – Sejumlah perusahaan asal Taiwan yang bergerak di bidang industri kendaraan listrik (EV), memaparkan keunggulan produk-produknya di acara Taiwan Excellence Electric Vehicle Webinar, Rabu (24/3) lalu.

Kelima perusahaan itu yakni Delta Electronics, Teco Electric & Machinery, Chen Tech Electric, Kaison Green Energy Technology, dan Energy Moana Technology, diklaim akan segera meramaikan pasar Indonesia.

Digagas oleh Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) dengan menggandeng INAPA, masing-masing menunjukkan keunggulan tiap produk yang direncanakan diboyong ke Tanah Air dan siap bersaing dengan produk industri EV dari negara lain.

Delta Electronics misalnya. Mereka memperkenalkan produk DC City Charger 100 kW, yang dapat mengisi kembali baterai untuk kendaraan listrik hanya dalam waktu 15 menit, untuk daya jelajah hingga 100 km.

“Sehingga mengurangi waktu tunggu pemiliknya saat mengisi ulang baterai,” kata Senior Product Manager Delta Electronics, Ming Yu Jiang, dalam siaran resminya, Kamis (25/3).

Menurutnya, dengan mengandalkan teknologi pengembangan daya Delta terbaik mampu mencapai efisiensi konversi daya di industri kendaraan listrik sebesar 94 persen.

“Hal ini tentu dapat menghemat biaya listrik stasiun yang dikeluarkan bagi operator,” tambahnya kemudian.

Di sisi lain, Senior Manager Teco Electric & Machinery, Kenn Watnick mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang sedang menggalakkan kebijakan kendaraan listrik.

Disebutkan bahwa Pemerintah berencana pada 2030 mendatang, sekiatr 30 persen kendaraan listrik bakal berlalu-lalang di Tanah Air, termasuk transportasi massal.

“Dalam jangka pendek mulai dengan penerapan bus listrik di Indonesia, karena bus memiliki rute yang tetap dan pengisian tetap,” imbuh Watnick.

“Dari situ kemudian beralih ke aplikasi mobil penumpang dan truk kargo ringan dalam jangka menengah dan jangka panjang,” tambahnya.

Bus listrik K9DA produksi Kaison Green Energy Technology.

Sedangkan Kaison Green Energy Technology menunjukan bus listrik K9DA terbaru milik mereka, yang terbuat dari rangka aluminium sehingga menjadikannya lebih kuat dan ringan.

Bus listrik itu didukung motor listrik berkekuatan 300 kW, sehingga cukup baik untuk digunakan pada jangka waktu yang panjang dalam opersionalnya.

Untuk baterainya sendiri sudah berjenis liquid, jadi lebih tahan panas, kuat, dengan desain kompak, berdampak pada desain interior terlihat lebih luas dan visual internalnya lebih bagus.

“Dalam kondisi baterai penuh, Bus K9DA mampu menempuh jarak hingga 200 km,” tutup Sales Department Supervisor Kaison Green Energy Technology, Sherry Chen. [dp/MTH]