Porsche Tengah Siapkan Mobil Balap Gen3 Untuk Ajang Formula E | dapurpacu.id

Porsche Tengah Siapkan Mobil Balap Gen3 Untuk Ajang Formula E


DAPURPACU – Porsche resmi mengumumkan keikutsertaannya Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA musim 2022/2023. Tak perlu lama, pabrikan mobil asal Stuttgart ini tengah mempersiapkan mobil balap Gen3.

“Generasi mobil balap baru Gen3 membuka babak berikutnya dalam kisah sukses Formula E. Dan kami ingin menjadi bagian dari kisah tersebut,” kata Fritz Enzinger, Wakil Presiden Porsche Motorsport dan Wakil Presiden Senior Grup Motorsport Volkswagen AG.

Presiden FIA, Jean Todt menuturkan, mobil balap Gen3 diklaim sebagai puncak dari balap mobil-mobil masa depan bermesin listrik. Terlebih mobil ini bakal lebih ringan, bertenaga plus pengisian yang lebih cepat.

“Formula E adalah platform yang tepat untuk mempromosikan keahlian pabrikan di bidang elektrifikasi dan menunjukkan komitmen bersama kami untuk solusi mobilitas yang lebih berkelanjutan,” tambahnya.

Ajang balap Formula E bakal menetapkan standar baru dengan pit stop ultra-cepat, di mana kendaraan Gen3 diisi ulang hingga 600 kW.

Mobil balap Gen3 memiliki kinerja dan efektivitas serta pengendalian biaya keseluruhan yang lebih baik. Performanya juga meningkat secara signifikan dibandingkan dengan mobil Gen2 musim ini.

Dalam mode kualifikasi, tersedia 350 kW (bukan 250 kW) dan dalam mode balap normal menjadi 300 kW, di mana sebelumnya hanya 200 kW.

“Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA tetap menjadi ajang pembuktian untuk generasi berikutnya dari teknologi kendaraan listrik balap ke jalan raya,” tutup Jamie Reigle, CEO Formula E.

Formula E diklaim memiliki potensi berada di level yang lebih tinggi dalam sudut pandang olahraga dan teknologi, serta salah satu faktor berkembangnya balapan mobil listrik. [dp/MTH]