Auto2000 Berupaya Berantas Sampah Plastik Jadi Berguna | dapurpacu.id

Auto2000 Berupaya Berantas Sampah Plastik Jadi Berguna


DAPURPACU – Auto2000 secara berkesinambungan memberikan kontribusi dalam memerangi limbah sampah plastik. Langkah nyata ini diimplementasikan di seluruh cabangnya yang tersebar di Indonesia.

Melalui program #MakeIndonesiaGreenAgain, Auto2000 melalui cabangnya di area Jakarta, Bekasi dan Banten, berupaya mengurangi dampak negatif sampah plastik dengan cara melakukan daur ulang sampah.

Dalam bincang-bincang santai bersama media, Kamis (22/4) lalu, Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000 menuturkan bahwa daur ulang sampah ini nanti dijadikan produk baru yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat.

“Adanya program ini sebagai upaya menjaga kebersihan dan mengurangi pencemaran lingkungan, dimana sampah akan dikonversi menjadi pohon dan ditanam,” imbuhnya.

Menurut Martogi, sampah merupakan salah satu masalah besar yang harus diatasi bersama-sama. Produksi sampah yang sangat banyak membuatnya menumpuk dan menciptakan masalah baru.

Boks untuk menyerahkan sampah plastik akan tersedia di seluruh cabang Auto2000 di wilayah Jakarta, Bekasi dan Banten.

Dia mengakui, sampah plastik butuh waktu ratusan tahun agar bisa terurai secara alami. Di sisi lain, proses pengolahannya menimbulkan racun, dan bersifat karsinogenik (zat yang menyebabkan kanker).

Baca juga:  Sering Muntah di Mobil? Ini Tips Ringan Hindari Mabuk Darat

Adanya program yang menjadi bagian dari CSR Auto2000 tersebut juga merupakan bentuk dukungan dalam rangka menyambut Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April.

Adapun sampah plastik yang dimaksud dalam program ini yaitu yang masih memiliki nilai ekonomis seperti botol plastik dan sejenisnya. Konsumen Auto2000 bisa mendukung program ini dengan cara menyerahkan sampah plastik ke cabang Auto2000.

Nantinya, pihak Auto2000 akan menyerahkan sampah itu kepada Bank Sampah binaan Auto2000 untuk dikonversi menjadi tanaman penghijauan, yang akan ditanam di area yang ditentukan kemudian.

“Program ramah lingkungan ini akan berjalan hingga Agustus 2021. Untuk itu, kami meminta dukungan penuh dari AutoFamily untuk berperan aktif dalam program ini,” tutur Martogi.

Konsumen dapat membawa minimal 2 sampah seperti botol dan gelas plastik, untuk diletakkan ke dalam boks penyimpanan sampah khusus yang tersedia di cabang Auto2000.

Baca juga:  Tips Aman Menggunakan Peta Digital Saat Berkendara

Saat meletakkan sampah ke boks dapat melakukan swafoto dan mengunggah ke akun Instagram pribadi, dengan mention akun @auto2000id, @aksi_qta dan akun instagram cabang Auto2000 disertai hashtag #makeIndonesiagreenagain #auto2000cabang (nama cabang).

Setelah itu, pelanggan menuju meja petugas penanggungjawab program untuk menunjukkan bukti unggahannya. Pihak cabang akan melakukan verifikasi unggahan dan memberikan souvenir kepada pelanggan (selama persediaan masih ada).

“Mari sukseskan program ini dengan datang ke Auto2000 terdekat untuk test drive atau servis, sambil membawa sampah plastik karena berarti sudah berkontribusi membuat Indonesia hijau kembali,” pungkas Martogi.

TikTok Competition
Selain aksi kepedulian lingkungan, Auto2000 juga menggelar kompetisi TikTok dengan hadiah jutaan rupiah yang siap diberikan kepada peserta yang beruntung.

Untuk bisa mengikutinya sangat mudah, cukup membuat video TikTok bertemakan ‘Go Green’ dengan durasi 30-60 detik, lalu mengunggah video tersebut di akun TikTok masing-masing dan follow serta Tag akun TikTok @Auto2000official.

Baca juga:  Sering Muntah di Mobil? Ini Tips Ringan Hindari Mabuk Darat

Jangan lupa juga tuliskan hastag #KitaAutoFamily dan #MakeIndonesiaGreenAgain. Video Harus terus diposting selama periode lomba, yang dimulai 1 Mei dan berakhir pada 31 Mei 2021.

Syarat wajib lomba ini video merupakan karya orisinil dan belum pernah diikutkan pada lomba sebelumnya, serta tidak melanggar Hak Cipta dan mengandung konten SARA. [dp/MTH]