Menang di GP Monaco, Red Bull Honda Ambil Alih Klasemen Sementara | dapurpacu.id

Menang di GP Monaco, Red Bull Honda Ambil Alih Klasemen Sementara


DAPURPACU – Seri GP Monaco yang digelar akhir pekan lalu (23/5) di Sirkuit Monte Carlo, menjadi momentum istimewa bagi Red Bull Racing Honda yang diciptakan oleh Max Verstappen.

Momen itu tercipta usai Max finis pertama dan berhasil membalikkan posisi baik untuk pebalap maupun konstruktor di posisi puncak pada klasemen sementara GP Formula 1 musim 2021.

Pencapaian ini semakin istimewa dimana butuh waktu lama bagi Red Bull Racing Honda untuk menggapai hasil tersebut sejak posisi serupa diraih tim pada 2013 silam.

Sementara bagi Max, ini merupakan pencapaian terbaiknya di ajang balap ‘jet darat’ tersebut memuncaki klasemen sementara untuk pertama kalinya.

Max memulai jalannya balapan dari posisi kedua dan kemudian memimpin jalannya balapan, setelah pebalap Charles Leclerc mengalami masalah pada kendaraannya.

Dia terus memegang kendali sebagai pemimpin dengan membangun keunggulan jarak waktu dari pembalap di belakangnya hingga finish. Sementara rekan setimnya, Sergio Perez, memulai balapan dari posisi kesembilan dan berhasil naik satu tingkat ke posisi delapan setelah start.

Ia kemudian menerapkan strategi bertahan di trek lebih lama dari pembalap lainnya hingga sempat memimpin jalannya lomba sebelum akhirnya masuk pit untuk mengganti ban dan kembali lagi ke trek di posisi keempat yang berhasil ia pertahankan hingga garis finish.

Usai balapan, Max mengungkapkan kegembiraannya dapat memenangkan GP Monaco. Dalam siaran pers, Kamis (27/5), menurutnya sirkuit Monte Carlo cukup sulit.

“Saya sangat senang dengan apa yang telah kami capai sebagai sebuah tim dan tentu saja dengan Honda. Saya hanya harus fokus pada balapan saya sendiri dan memastikan saya memiliki awal yang bersih.”

“Tentu saja semuanya terlihat terkendali tetapi untuk tetap fokus selama banyak putaran adalah bagian tersulit, karena mudah untuk bersantai saat Anda memimpin dan membuat kesalahan,” tuturnya.

“Saya pikir dari sisi kecepatan, kami terus memegang kendali karena setiap kali seseorang mencoba mendorong saya dalam hal waktu putaran, kami mampu merespon dan meningkatkan jarak,” tambah Max.

“Saya tidak pernah naik podium di sini dan kemudian pertama kali menang, jadi ini sedikit penebusan untuk balapan lain yang saya jalani di sini,” imbuhnya.

Untuk seri-seri berikutnya, Max terus berupaya mengalahkan tim Mercedes. Namun dia mengakui tim tersebut sangat cepat di sirkuit dengan lintasan normal.

Dia pun berharap tidak terbawa suasana puas lebih cepat, setidaknya euforia tersebut bakal dirinya dan tim tahan sampai akhir musim 2021.

Keunggulan di Ajang Balap Diterapkan ke Pelumas Massal
Di sisi lain, kemenangan ini juga turut dirayakan oleh para penggemar Max dan F1 di Indonesia. Rommy Averdy Saat, Mobil Consumer Brand General Manager pun mengakuinya.

Rommy mengatakan, ExxonMobil sudah bertahun-tahun menjadi partner pelumas resmi pada gelaran F1, terutama bagi tim Red Bull Racing.

“Kami bangga akan hasil podium 1 yang diraih oleh Max pada GP Monaco lalu. Selain itu, Checho yang finis di urutan keempat juga menjadi kebanggaan bagi para penggemar Red Bull Racing dan F1 di Indonesia, dan terlebih mobil balap RB16B disupport oleh pelumas dari Mobil 1.”

Menurut Rommy kemenangan ini memberikan suatu pembuktian bahwa keunggulan teknologi produk Mobil 1 tidak perlu diragukan lagi, dan produk-produk lainnya dari ExxonMobil termasuk yang tersedia di pasar Indonesia.

Seperti diketahui, ExxonMobil Lubricants Indonesia baru-baru telah meluncurkan varian terbaru rangkaian produk Mobil Super, yaitu Mobil Super All in One Protection, Mobil Super Friction Fighter dan Mobil Super Everyday Protection.

Rangkaian produk Mobil Super ini dilengkapi dengan spesifikasi standar industri terkini API SP dari produsen Mobil 1 yang juga menjadi technical sponsor F1 Red Bull Racing.

Adapun keunggulan masing-masing yakni Mobil Super All in One Protection memberikan perlindungan mesin kendaraan dari suhu yang semakin panas yang dapat diatasi oleh Full synthetic dengan Heat Activated Anti-wear Molecules.

Sedangkan Mobil Super Friction Fighter yang dilengkapi dengan lapisan perlindungan tambahan dari Friction Fighter Molecules memberikan kesempatan untuk lebih banyak perjalanan saat mesin terlindungi dari keausan.

Terakhir Mobil Super Everyday Protection dengan Extengine Molecules, yang membuat usia kendaraan lebih panjang untuk lebih banyak tujuan bersama keluarga.

“Perjalanan kejuaraan F1 masih panjang. Kami dari Mobil 1 dan para penggemar Red Bull Racing tentunya akan terus mendukung tren kemenangan ini terus diraih oleh Max dan Checo,” pungkas Rommy.

Putaran selanjutnya adalah GP Azerbaijan yang digelar di Sirkuit Baku pada 4-6 Juni, dan tim akan berusaha memanfaatkan kinerja luar biasa mereka di sana. [dp/MTH]