DAPURPACU – Produk-produk pelumas Motul yang dipasarkan di Indonesia dianugerahi penghargaan dari Brand Choice Award 2021 yang digelar oleh InfoBrand.id untuk kategori oli motor.
Carlo Savoca, Managing Director Motul Indonesia mengapresiasi atas penghargaan yang didapatkannya tersebut. Dengan diraihnya penghargaan ini cukup menggambarkan penerimaan positif dari konsumen.
“Kami menjadi semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen di Indonesia, melalui rangkaian pelumas Motul,” ujar Carlo, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/6).
Penilaian didasari dari hasil survei brand choice index, dimana ada tiga tolok ukurnya yaitu Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect dan Digital Consumer Reviews & Rating Aspect.
Survei telah dilakukan pada periode Februari – April 2021 terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 merek tersurvei.
Penjualan Meningkat di 2021
Di masa pandemi yang telah berlangsung sejak 2020 lalu, Motul Indonesia mengakui mengalami penurunan penjualan dibandingkan pada tahun sebelumnya yaitu sebesar 11%.
Hal itu diamini oleh Welmart Purba, National Sales Director Motul Indonesia, yang mengatakan bisnis saat pandemik ini tidaklah mudah. Tapi Motul tidak pernah menyerah dan terus berusaha melakukan yang terbaik.
Hal itu dibuktikan jelang berakhirnya semester I 2021, penjualannya diklaim mulai membaik bahkan bertumbuh dibandingkan tahun sebelumnya dan di 2019. Pencapaian ini diklaim sudah melebihi target awal.
“Pada periode Januari-Mei 2021, penjualan meningkat sekitar 76% dibandingkan 2020 atau meningkat 35% dibandingkan pada 2019 di periode yang sama. Hasil ini sudah melebihi target awal kami,” imbuhnya.
“Saat ini kami sedang mengevaluasi target baru yang harus kami capai di 2021. Kedepannya, kami akan terus memperkuat jaringan distribusi kami, dan terus menambahkan produk-produk baru untuk memenuhi permintaan konsumen,” jelas Welmart.
Saat ditanya mengenai kemungkinan membangun fasilitas produksi di Indonesia, Carlo tidak memberikan jawaban yang spesifik. Menurut Carlo, Motul tengah mempelajari beberapa skenario yang fokus utamanya adalah untuk terus bisa memberikan yang terbaik bagi konsumen di Indonesia.
“Kami belum membuat keputusan, tapi kami akan segera memberikan kabar apabila ada perkembangan terbaru,” pungkas Carlo. [dp/MTH]