Jangan Paksakan Bawa Barang Berlebih di Motor | dapurpacu.id

Jangan Paksakan Bawa Barang Berlebih di Motor


DAPURPACU – Tak bisa dipungkiri, hadirnya sepeda motor menjadi pilihan paling praktis saat beraktivitas harian di jalan. Terlebih untuk berkendara jarak pendek.

Namun, motor tetap ada keterbatasan dalam mengangkut barang bawaan ataupun penumpangnya. Hal ini berkenaan dengan unsur keamanan dan keselamatan selama berkendara.

Untuk sepeda motor tipe matik dan bebek (cub) biasanya telah dilengkapi bagasi, namun tetap memiliki keterbatasan untuk penempatan barangnya.

Sayangnya, kekurangan itu kerap kali ingin dimaksimalkan seseorng untuk membawa barang, terpenting semuanya bisa diangkut untuk sekali jalan.

Hal itu pun diakui oleh Manager Public Relation & YRA PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Antonius Widiantoro, dalam berkendara, terkadang kita harus membawa barang dalam jumlah dan ukuran tertentu yang melebihi kapasitas bagasi.

“Namun, hal yang tidak boleh dilupakan oleh pengendara adalah faktor keamanan dan keselamatan berkendara, baik bagi pengendara sendiri maupun bagi orang lain,” tutur Antonius.

Baca juga:  Aplikasi ini Bisa Jadi 'Asisten Pribadi' Dalam Perawatan Motor

Yang perlu ditegaskan adalah ketika berkendara membawa barang bawaan, pengendara perlu memastikan kondisi motor harus dalam keadaan baik, dan perlu mengatur barang bawaan dengan di posisi yang tepat, agar tidak mengganggu pengendara dan orang lain.

Untuk itu, YRA coba membagikan tips berkendara aman saat membawa barang, mulai dari proses penempatan hingga sebagainya. Berikut penjabarannya :

1. Saat menempatkan barang di atas motor, jika ukurannya cukup besar, pastikan posisi motor di standar tengah. Hal ini akan membuat motor lebih rata, sehingga lebih mudah untuk mengikat barang ukuran besar.

2. Siapkan tali pengikat yang lentur. Disarankan dari bahan karet, sehingga dapat membuat ikatan lebih kencang maksimal dan barang tidak mudah bergeser karena dapat mengganggu keseimbangan.

3. Disarakan dimensi barang tidak melebihi lebar dari stang motor, dan tinggi pengendara. Jika terlalu lebar akan sulit untuk bermanuver dan membuat keseimbangan pengendara terganggu.

Baca juga:  Yamaha Mio M3 125 Hadirkan Warna Baru, Makin Stylish

4. Pastikan panjang barang bawaan tidak melebihi atau menutupi lampu belakang. Agar pengendara lain dapat tetap melihat signal lampu dari motor.

5. Untuk motor matic, jika barang bawaan kecil sebaiknya ditaruh dibawah jok atau di sisi kaki depan pengendara. Posisi barang seperti ini akan lebih mudah dikontrol oleh pengendara.

6. Jika menggunakan tas backpack untuk membawa barang, perhatikan dimensi tas yang aman agar tindak mengganggu fleksibilitas pengendara.

7. Hindari membawa barang yang berat bersama penumpang. Hal ini akan mengurangi keseimbangan berkendara karena kelebihan beban (overload)

8. Jika barang bawaan cukup banyak, lebih baik diangkut dalam beberapa kali, atau gunakan alternatif kendaraan lain yang lebih besar.

Selain pengetahuan akan keselamatan berkendara, pengendara juga wajib untuk mematuhi peraturan lalu lintas, selain tetap menggunakan riding gear yang semestinya. [dp/MTH]