Ini Daftar Finalis Local Hero Festival Kreatif Lokal 2021 Asal Likupang | dapurpacu.id

Ini Daftar Finalis Local Hero Festival Kreatif Lokal 2021 Asal Likupang


DAPURPACU – Sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) Pariwisata Indonesia, Likupang terus dikembangkan potensinya, terutama bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Potensi inilah yang dilirik oleh Adira Finance dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI sebagai daerah yang masuk dalam Festival Kreatif Lokal (FKL) 2021.

Kepala Wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua Adira Finance, Nanang Kurniawan menekankan, digelarnya FKL 2021 untuk menyiapkan pelaku UKM agar dapat mengantisipasi berkembangnya Likupang sebagai destinasi wisata yang menjadi target tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Mereka akan didorong dalam memaksimalkan peluang untuk tumbuh, serta mengangkat nilai tambah produk dan jasa agar berkualitas internasional.

”Ajang ini menunjukkan komitmen Adira Finance yang selalu menjadi Sahabat bagi pelaku UKM, dalam meningkatkan keunggulan kompetitif masing-masing usaha sehingga menambah nilai ekonomi terhadap pengembangan pariwisata di Likupang,” terangnya.

Sebagai informasi, potensi yang dimiliki Likupang meliputi keindahan alam hijau terbuka, pantai, bahkan pengalaman budaya lokal dengan keunikan habitat penyu hijau, serta aneka burung unik seperti Makaka Hitam dan Maleo.

Baca juga:  Begini Upaya DAM Angkat Potensi Merek Lokal Jabar

Untuk itu, kegiatan pelatihan yang diberikan kepada UKM peserta FKL 2021 menitikberatkan pada peningkatan skill usaha, serta kemampuan untuk memasarkan produk dan jasa mereka agar lebih menarik di pasaran.

Dari puluhan pelaku UKM di Likupang yang berasal dari kategori usaha Fesyen, Kuliner, dan Kriya, berdasarkan proses pelatihan dan penjurian awal, terpilih delapan UKM local hero yang akan mewakili Likupang untuk meraih Kreatif Lokal Award. Mereka adalah:

Kuliner :
• Redo Coffee
• Miens Souvenir
• Meldeb Kitchen

Kriya :
• Manado Ecocrafts
• Yannie Handycraft
• Rumah Passir

Fashion :
• Zabay Collection
• Batik Bacirita

Nantinya, para finalis bakal menjalani penjurian lanjutan dari para tokoh yang memiliki kepakaran dan pengalaman dalam bidang bisnis serta ekonomi kreatif. [dp/MTH]