Hino Dutro 110 SDBL Berbalut Mobil Vaksin Besutan Karoseri Gunung Mas | dapurpacu.id

Hino Dutro 110 SDBL Berbalut Mobil Vaksin Besutan Karoseri Gunung Mas


DAPURPACU – Hino Indonesia menghadirkan mobil vaksin berbasis Dutro 110 SDBL dengan bodi buatan Karoseri Gunung Mas asal Madiun, Jawa Timur, di ajang GIIAS 2021.

Dalam pembuatannya, Hino menggandeng PT Ambulance Pintar Indonesia (API) untuk peralatan medis yang ada di dalamnya. Terutama untuk kebutuhan vaksinasi Covid-19

“Untuk bikin Mobil Vaksin, kelengkapan seperti dipajang di booth Hino dijual Rp800 juta. Itu sudah termasuk sasis Dutro dengan kondisi belum surat-surat (pajak),” ujar Syamsul, perwakilan PT API saat acara Product Showcase di booth Hino, Senin (15/11).

Dilihat dari luar, mobil berwarna dominan putih ini tampak seperti mobil ambulans pada umumnya, bedanya ada stiker bertuliskan mobil vaksin pada bagian depan.

Mobil berbodi tinggi ini memiliki kabin yang terbagi dalam tiga kompartemen, di mana seluruh partisinya telah dipasang air conditioner (AC).

Menurut Inot dari Karoseri Gunung Mas, mobil vaksin ini dirancang lebih tinggi 40 cm dari standarnya, dengan kabin mencapai 170 cm agar penumpang di dalam bisa leluasa berdiri tegak.

Baca juga:  Hino Dirikan Pusat Pelatihan Berkendara Super Lengkap di Purwakarta

“Bagian atap dilapisi peredam, begitu juga di panel bodi interiornya. Pelat bodi menggunakan material baja galvanis agar tidak mudah korosi. Sementara material fiber cetak digunakan untuk cowl bodi belakang,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Santiko Wardoyo, COO Director PT Hino Motor Sales Indonesia menyampaikan, pihaknya menyiapkan unit Dutro bekerja sama dengan karoseri untuk dipasarkan ke masyarakat dalam kondisi ready to use atau flexicab (sasis dan bodi saja).

“Kita ada flexicab tinggal isi dalamnya, kita juga sudah siapkan unit-unit yang ready to use sesuai pesanan,” ujarnya di tempat yang sama.

Menko Airlangga Hartanto dan Menperin Agus Gumiwang mencoba Mobil Vaksin Hino Dutro Flexycab di GIIAS 2021.

“Mengenai penjualan selama ini masih lewat pemerintahan. Memang saat ini masih pandemi jadi adanya di sana (pemerintahan). Ke depannya ada untuk ambulans dan lain-lainnya,” tutur Santiko.

Sementara itu, Suroto, Government Sales Operation Dept PT HMSI menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan Gunung Mas memproduksi 72 unit mobil vaksin dengan basis Dutro 110 SDBL untuk memenuhi kebutuhan di daerah.

Baca juga:  Hino Dirikan Pusat Pelatihan Berkendara Super Lengkap di Purwakarta

“Kami telah didistribusikan ke sejumlah daerah mulai dari Aceh, Kalimantan, sampai Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat, juga Bima dengan dukungan after sales dari Hino,” paparnya.

Suroto, menambahkan, pihaknya memilih Karoseri Gunung Mas sebagai mitra dengan mempertimbangkan banyak aspek, diantaranya memehuhi syarat kualitas, kecepatan produksi, dan harga yang valuable serta dukungan after sales service.

“Kita mempertimbangkan juga layanan purna jualnya. Nggak menjamin industri karoseri yang namanya jadi leader di Indonesia tapi after sales service-nya nggak bagus, kita nggak akan ambil,” pungkasnya. [dp/DF]