DAPURPACU – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) resmi memperkenalkan line-up kendaraan bermesin baru standar emisi Euro4, diantaranya truk light duty andalannya, Hino Dutro.
Truk yang identik dengan kepala hijau tersebut kini tampil gress nan segar, baik dari sisi eksterior, interior hingga performa yang lebih ramah lingkungan dan bobot lebih berat (GVW) dari model sebelumnya.
Presiden Direktur HMSI, Masato Uchida menjelaskan, kendaraan baru yang diluncurkan ini tidak hanya untuk memenuhi regulasi Euro4 yang akan diterapkan April mendatang.
Namun untuk menguatkan posisi Hino sebagai pemimpin pasar yang terus berkontribusi untuk kemajuan dan pengembangan transportasi di Indonesia yang lebih ramah lingkungan.
“Kami berikan best fit product dan layanan purna jual terbaik sesuai prinsip Total Support, yaitu layanan service yang andal untuk memberikan keuntungan yang maksimal bagi pelanggan,” jelasnya, saat Grand Launching Hino Euro4 di Purwakarta.
Adapun untuk ubahannya dimulai dari eksterior, truk Dutro baru hadir dengan beberapa pembaruan seperti grille depan cover lampu atas yang kini menyatu, sehingga lebih stylish.
Sementara, tampilan bumper depannya juga lebih segar yang menyesuaikan posisi fog lamp, serta penambahan cover pada spion yang berguna untuk mencegah pencurian.
Masuk ke kabin juga tak luput dari perubahan, di mana dasbornya kini terlihat lebih mewah dan modern, dipadu dengan door trim dan jok yang kini berwarna coklat.
Interiornya kini memiliki desain center cluster baru yang menambah kenyamanan dengan adanya tempat penyimpanan HP, cup holder dan terdapat blower angin yang memberikan sirkulasi udara yang lebih baik.
Soal sasis, Hino Dutro anyar tidak memiliki sambungan dan terdapat keling penguat di atas frame dan profil sasis yang tebal. Bobotnya sendiri juga lebih berat dari 5,2 ton ke 5,4 ton, 7,5 ton ke 8,25 ton hingga 8,25 ton ke 8,6 ton.
HMSI mengungkapkan, mesin baru standar Euro4 ini telah siap untuk pemakaian solar biofuel dimana sistem bahan bakar Dutro didesain dengan ketangguhan pada temperatur solar tinggi dan potensi korosi.
Mengenai performa, pabrikan asal Jepang ini memberikan peningkatan di semua jajaran truk tugas ringannya dengan dua pilihan mesin Euro4 baru yaitu N04C-WV dan N04C-WY, yang masing-masing berkapasitas 4.009 cc.
Mesin N04C-WV, yang ditingkatkan dari model sebelumnya W04D-TP berstandar Euro 2, kini disematkan pada Dutro 115 SDL menghasilkan tenaga 113 hp dengan torsi puncak 353 Nm di kisaran 1.200-2.200 rpm.
Sedangkan mesin Euro4 baru N04C-WY pengganti mesin pendahulunya W04D-TR (Euro 2) kini menjadi mesin baru dari beberapa varian Dutro lainnya seperti 136 HDL dan 136 HD-X Power.
Mesin ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 134 dk di putaran 2.500 rpm dengan torsi maksimal mencapai 392 Nm di kisaran 1.400-2.500 rpm.
Kedua mesin baru ini dipadukan dengan dua transmisi baru RE50 5-percepatan dan RE61 6-percepatan. Khusus varian Dump Truck, Hino menawarkan transmisi RE61 dilengkapi dengan PTO (Power Take-Off).
Mesin baru Hino ini disebut lebih tangguh, efisien, menghasilkan suara mesin yang halus dan minim getaran, serta menghasilkan emisi gas buang yang ramah lingkungan.
Selain itu, kedua mesin tersebut juga telah dilengkapi Diesel Oxidation Catalyst (DOC) untuk mengurangi emisi gas buang karbon monoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC).
Mesin common rail Hino ini juga membenamkan Exhaust Gas Recirculation (EGR) untuk menurunkan kadar emisi gas buang NOx, dan Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk model tertentu.
Lalu, ada juga penyematan Variable Nozzle Turbo (VNT) untuk meningkatkan suplai udara ke ruang bakar untuk menghasilkan tenaga secara responsif, serta ECU generasi terbaru yang telah terintegrasi dengan EDU. [dp/DF]