Hankook Technoring Jadi Proving Ground Terbesar di Asia

DAPURPACU – Produsen ban Hankook Tire meresmikan fasilitas uji kendaraan (proving ground) terbesar di Asia yang dinamakan Hankook Technoring di Korea Selatan, pada 25 Mei lalu.

Fasilitas yang berada di Taean ini akan menjadi pusat fasilitas R&D terkini untuk produk Hankook di masa depan. Hankook Technoring adalah tempat uji coba terbesar di Asia yang memiliki luas 1,26 juta meter persegi.

Fasilitas ini terdiri dari 13 jalur pengujian, termasuk pengujian untuk ban kendaraan listrik dan supercar. Trek uji juga dirancang untuk mengakomodasi semua jenis kendaraan, mulai dari supercar hingga truk dan bus.

Kendaraan yang diuji di sana dapat menempuh kecepatan sampai 250 km/jam. Kawasan ini juga dilengkapi menara kontrol, gedung perkantoran, bengkel, stasiun pengisian bahan bakar dan stasiun pengisian kendaraan listrik.

Menara kontrol setinggi 37,1 meter untuk memantau melalui sistem terintegrasi, sehingga dapat mempertimbangkan berbagai pengujian dan kondisi iklim.

“Hankook menyadari perlunya berbagai tempat pengujian untuk memastikan kualitas produk terbaik di segala kondisi,” kata Hyunbum Cho, Ketua dan CEO Hankook & Company, Kamis (16/6).

Infrastruktur ini diharapkan dapat bersinergi dengan fasilitas yang ada, meliputi Hankook Technoplex, kantor pusat global serta menara kontrol untuk merancang produk inovatif.

Sebagai kiblat dari berbagai inovasi, fasiliitas Hankook Technoring berperan penting dalam memberikan solusi optimal untuk era e-mobilitas dan kendaraan otonom.

Dengan akumulasi data dari pengujian aktual di Hankook Technoring, Hankook juga berencana untuk mempercepat transformasi era digitalnya.

Perusahaan akan membangun platform analisis data besar dan mengembangkan Teknologi Optimasi Virtual berbasis artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

Di masa depan, Hankook juga akan membuat database respon ban dan kendaraan yang diuji di lingkungan yang paling parah sekalipun. Dari sana, kemudian akan dibangun Digital Twin guna memastikan teknologi asli dan inovatif untuk diterapkan pada mobilitas masa depan.

Selain itu, Hankook Tire berencana menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan yang berkaitan dengan mobilitas, lembaga penelitian dan pendidikan, serta perusahaan rintisan. [dp/DF]

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com