Mobil ServSM Grease Analysis, Layanan Pengujian ‘Gemuk’ Pertama di Indonesia

DAPURPACU – PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) resmi memperkenalkan layanan baru bagi para pelaku industri di Indonesia, yakni Mobil ServSM Grease Analysis.

Hadirnya layanan analisa komponen yang biasa disebut ‘gemuk’ ini sekaligus melengkapi layanan dari Mobil ServSM yang sebelumnya sudah hadir, dalam menganalisa penggunaan pelumas.

Seperti diketahui, grease adalah salah satu komponen penting yang biasa digunakan untuk operasional pada alat-alat di berbagai lini industri, termasuk pertambangan dan manufaktur.

Menurut Presiden Direktur PT EMLI, Syah Reza, pentingnya mengetahui kualitas dan mengidentifikasi penggunaan grease pada alat-alat itu berdampak pada kinerja, hasil dan umur komponen yang digunakan.

“Oleh karena itu, saat ini layanan analisa grease diperlukan dalam mendukung dan memaksimalkan kegiatan operasional. Untuk itu kami perkenalkan Mobil ServSM Grease Analysis,” tambahnya.

Reza menuturkan, Mobil ServSM Grease Analysis adalah layanan dan fasilitas yang sangat berguna untuk mengetahui informasi dan mengidentifikasi permasalahan pada grease yang digunakan.

Baca juga:  Lakoni Strategi Jitu, Max Verstappen Juara GP Hungaria

Dia mengklaim bahwa layanan ini ini merupakan terobosan baru untuk membantu para pelaku industri dalam memaksimalkan penggunaan grease pada alat-alat yang digunakan.

Dapat dikatakan bahwa layanan ini serupa dengan pengujian pelumas, dimana sudah banyak memberikan keuntungan kepada pengguna layanan Mobil ServSM sebelumnya.

Hadirnya Mobil ServSM Grease Analysis menjadi komitmen PT EMLI memberikan kebutuhan kepada para pelaku industri dalam hal perawatan alat-alat industri yang digunakan.

“Diharapkan adanya layanan baru ini memberikan dampak positif bukan hanya dalam jangka pendek, namun jangka panjang, yang berujung pada kelangsungan bisnis dan operasional, sehingga target yang dikejar dapat diraih secara maksimal.”

Mobil Serv SM Grease Analysis memungkinkan para pengguna grease mendapat informasi awal mengenai potensi terjadinya permasalahan atau peringatan dini mengenai performa grease.

Sehingga konsumen dapat menyesuaikan penjadwalan kegiatan pemeliharaan, demi mengurangi resiko kegagalan pada unit produksi yang kritikal.

Baca juga:  Begini Bentuk Apresiasi Federal Oil™ Untuk Bengkel Rekanannya

Hal ini juga dapat membantu meningkatkan masa pakai komponen dan pengurangan suku cadang, yang juga akan berdampak pada biaya perawatan.

Market Development Director PT EMLI, Sri Adinegara mengatakan, pihaknya akan terus mengkomunikasikan pentingnya perawatan alat-alat industri secara berkala.

“Kami juga telah merencanakan beberapa kegiatan offline dan online kedepannya, untuk memperkuat komunikasi kami dengan para pelaku industri, melalui layanan baru ini,” imbuhnya.

“Kami berharap dapat memberikan edukasi dalam memelihara dan mengidentifikasi secara dini hal-hal yang perlu diantisipasi terhadap alat-alat yang dimiliki para pelaku industri,” tandasnya.

Untuk menggunakan layanan ini, para pelaku industri dapat langsung mengunjungi portal mobilserv.mobil.com, dan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan dalam portal tersebut.

Selanjutnya, proses pemeriksaan analisa akan memakan waktu 6 hari kerja sejak sampel diterima laboratorium Mobil ServSM, dan hasilnya akan disampaikan melalui akun konsumen yang didaftarkan pada portal.

Baca juga:  Podium di GP Perancis, Verstappen Makin Dekati Titel Juara F1 2022

Adapun beberapa jenis uji yang akan dilakukan dalam menganalisa sampel uji yang dikirim meliputi, grease thief index, water, color, ferrous particles, infrared, dan trace metals.

Perkenalan layanan baru ini bersamaan dengan seminar offline yang dilakukan bersama dengan Perkumpulan Tenaga Ahli Alat Berat Indonesia, yang dihadiri lebih dari 100 orang, di Jakarta, Kamis (23/6) lalu. [dp/MTH]