GIIAS 2022 Janjikan Banyak Kehadiran Kendaraan Listrik

DAPURPACU – Serangkaian aktivitas jelang penyelenggaraan pameran GIIAS 2022 digagas oleh Gaikindo. Terkini adalah GIIAS Educare dan GIIAS Talk, yang digelar pada 30 Juli lalu.

Mengusung tema ‘New Era of Electric Vehicles Experience’, pada GIIAS Talk mengangkat topik elektrifikasi pada kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Sebagai informasi, GIIAS 2022 menjanjikan menghadirkan informasi dan edukasi tentang kendaraan bermotor berbasis listrik baik dari kendaraan penumpang, komersial, dan juga kendaraan roda dua.

Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara mengatakan, Indonesia memiliki potensi besar terhadap kendaraan listrik, baik kendaraan penumpang, komersial dan juga roda dua.

“Maka dari itu kita mencari sumber tenaga baru yang bisa digunakan. Dan yang tengah ramai dibicarakan adalah mengenai Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB),” ujarnya.

Dia menambahkan, populasi pasar otomotif cukup tinggi, yang apabila menggunakan energi listrik, maka tentu akan banyak penghematan penggunaan energi fosil.

Baca juga:  Astra Otopower Resmikan Outlet Pengisian Kendaraan Listrik Pertama

“Kendaraan listrik potensinya luar biasa, Indonesia punya sumber daya yang terus dikembangkan dan dimanfaatkan untuk menghasilkan sumber tenaga listrik,” tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut Kukuh, Gaikindo akan tetap berupaya untuk membantu pemerintah dalam hal peningkatan elektrifikasi pada kendaraan di Indonesia.

Aries Aditya Putra dari channel Electric Mobility menuturkan, kendaraan listrik punya banyak keuntungan, mulai dari konsumsi energi lebih murah, pajak kendaraan, bebas emisi serta program ganjil genap dan juga perawatan yang murah.

“Bisa dibayangkan mobil listrik yang harganya 800 jutaan, pajak tahunannya hanya sekitar 1,1 jutaan, karena mendapat insentif dari pemerintah. Begitu juga dengan motor listrik, pajaknya hanya sekitar Rp50.000 dalam satu tahun,” tuturnya.

Hal senada juga dilontarkan oleh Managing Director Ilectra Motor Group, Rainier Haryanto, yang menurutnya penggunaan motor listrik dapat menghemat Rp400 – Rp500 ribu per bulan dibanding motor ICE (Internal Combustion Engine).

Baca juga:  DFSK Hadirkan Promo Menarik di GIIAS 2022, Hadiah iPhone 13 Menanti

Dan Ilectra Motor Group sebagai pemegang merek Alva, pemain baru di industri otomotif, menyatakan siap dan berkomitmen untuk mulai mencoba di dunia elektirifikasi.

“Kami ingin berkontribusi dalam upaya penurunan emisi gas buang di Indonesia. Pada tahap pertama ini fokus kami adalah memasarkan kendaraan listrik roda dua,” ujarnya.

“Nanti di GIIAS dapat dilihat motor listrik yang lebih mirip seperti maxi scooter dengan torsi mendekati 44,5 Nm, atau setara dengan motor berkapasitas 150 cc,” jelas Rainier.

GIIAS 2022 diikuti total 25 merek kendaraan penumpang dan komersial, diantaranya Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan UD Trucks.

Diantaranya para peserta menjanjikan bakal mendatangkan kendaraan bermesin listrik untuk ditunjukkan kepada para pengunjung. Sementara kubu karoseri yang hadir seperti Adiputro, Laksana dan Tentrem.

Baca juga:  Uang Muka Suzuki E-Presso Cukup Rp100 Ribuan Saja, Inden Bisa di Sini

Adapun merek sepeda motor yang berpartisipasi meliputi Alva, AHM, Benelli, CF Moto, Exotic Bike, Gelis, Keeway, Minerva, Pacific Bike, Segway, Selis, SM Motor, SYM dan Wmoto. [dp/MTH]